Keuntungan Lulus SNMPTN

Keuntungan Lulus SNMPTN
Blog Mas Tom

Lulus SNMPTN ke perguruan tinggi negeri (PTN) merupakan impian setiap siswa/siswi SMA/MA/SMK sederajat. Apalagi bagi sobat yang sangat berharap menempuh pendidikan sampai di perkuliahan.

Tidak saya pungkiri bahwa berharap lolos di PTN impian lewat jalur masuk yang pertama dibuka ini memang besar sekali. Karena keuntungan SNMPTN yang paling utama yaitu hanya menggunakan nilai hasil belajar selama 2,5 tahun, yaitu nilai raport semester 1 sampai semester 5.

Apa keuntungan lulus SNMPTN ?

Jika sobat menanyakan pertanyaan seperti itu maka sobat telah berada di artikel yang tepat. Karena dalam artikel ini saya akan berbagi pengalaman hasil pengamatan terhadap beberapa teman saya yang ketika pengumuman SNMPTN mendapat berita menyenangkan.

Loh emang mas gak lulus SNMPTN ?

Wahh ketauan deh, haha. Iya, waktu itu saya belum mendapatkan rezekinya di SNMPTN. Sehingga saya harus lebih bekerja keras lagi dalam persiapan UTBK untuk ikut SBMPTN.

Bagi sobat yang berkesempatan mendaftar SNMPTN saya harap untuk memaksimalkan dalam memilih jurusan dan perguruan tinggi. Walaupun banyak yang menganggap SNMPTN jalur untung-untungan, tapi menurut saya sobat tetap harus maksimalkan pilihan di SNMPTN.

Kembali lagi ke topik, artikel kali ini saya akan membahas keuntungan lulus snmptn. Silahkan simak sampai selesai ya.

Terbebas Dari Ujian Tulis Berbasis Komputer

Keuntungan lolos SNMPTN pertama menurut saya pastinya terbebas dari UTBK. UTBK adalah ujian tulis untuk mendapatkan nilai, yang kemudian nilai tersebut digunakan untuk seleksi bersama masuk perguruan tinggi (SBMPTN).

Mungkin sobat pernah mendengar bahwa soal ujian tulis untuk masuk perguruan tinggi itu sangat sulit. Memang benar, jika saya bandingkan tingkat kesulitannya dengan soal UN adalah 2:1, artinya soal UTBK dua kali lebih sulit dari soal UNBK.

Kenapa saya tau ?

Karena saya mengalami sendiri. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa saya tidak lolos jalur SNMPTN, sehingga mau tidak mau harus mengikuti utbk. UTBK sendiri dilaksanakan setelah UNBK. Maka jelas saya bisa membandingkannya.

Bagi sobat yang hendak mempelajari materi utbk, mungkin sobat bisa mendapatkannya dari beberapa ebook yang pernah saya gunakan untuk belajar dulu. Untuk mendapatkannya sobat tinggal kunjungi ebook materi utbk.

Punya Kesempatan Lebih Banyak Untuk Persiapan Kuliah

Keuntungan lolos SNMPTN kedua adalah sobat akan mempunyai kesempatan yang lebih banyak untuk mempersiapkan dunia perkuliahan. Karena pengumuman penerimaan SNMPTN dilakukan lebih awal.

Sobat akan bisa persiapan jauh-jauh hari mulai dari mencari gambaran kuliah, mempelajari kemungkinan yang akan jadi mata kuliah sesuai dengan jurusannya. Atau bahkan bisa mempersiapkan untuk keperluan ospek dengan waktu yang cukup banyak.

Banyak Waktu Luang

Berkaitan dengan keuntungan lulus SNMPTN, sebenarnya poin ini bisa saja disatukan dengan poin sebelumnya. Namun saya punya pendapat lain mengenai banyak waktu luang. Kalau poin sebelumnya berhubungan dengan persiapan kuliah, poin ini lebih condong ke pemanfaatan waktu luang untuk hal yang lebih luas.

Dengan lulus jalur SNMPTN, maka sobat akan punya banyak waktu luang yang bisa sobat manfaatkan. Diantaranya, sobat bisa lebih fokus dalam menghadapi UNBK.

Walaupun UNBK tidak lagi menjadi penentu kelulusan, tapi sobat harus membutikan kelayakan lolos SNMPTN dengan meraih nilai UNBK yang tinggi pula. Agar orang-orang tidak lagi beranggapan bahwa SNMPTN hanya untung-untungan belaka layaknya main dadu.

Selain bisa fokus belajar untuk UNBK, waktu luang juga bisa sobat gunakan untuk kerja part time, atau menulis artikel di blog misalnya, dengan membuat blog sobat akan merasakan manfaat yang besar dari ngeblog untuk dunia perkuliahan yang serba paper.

Jika sobat ingin memulai membuat blog, sobat bisa baca artikel saya mengenai series membuat blog dari nol sampai mahir, disana saya telah membuat tutorialnya lengkap.

Memotivasi Adek Kelas Di Sekolahmu

Ini menurut saya keuntungan SNMPTN yang paling keren jika sobat lolos, karena akan menjadi ladang pahala. Iya, pencapaian sobat akan menjadi motivasi kelak bagi adek kelas di sekolah. Sehingga berkesempatan mendapatkan pahala, karena membuat orang lain semangat belajar.

Mereka yang benar-benar ingin kuliah di PTN akan termotivasi dengan capaian sobat. Diterimanya sobat melalui SNMPTN akan membuat mental percaya diri adek kelas menjadi tertanam. Walaupun mental saja tidak cukup, tapi setidaknya akan berpengaruh juga.

Ini terbukti dengan pengalaman saya sendiri. Waktu itu dari sekolah saya belum ada yang masuk ke UGM, tapi kemudian saya mendengar cerita wali kelas bahwa siswa sekolah saya tahun sebelumnya ada yang diterima UGM melalui jalur UTUL UGM.

Baca juga : Soal UTUL UGM

Mendengar hal tersebut kemudian saya percaya diri bisa lolos ke UGM, padahal sebelumnya saya pengen ke ITB, dan UGM itu PTN pilihan kedua. Dengan motivasi tersebut dan diridhoi Allah tentunya, akhirnya saya mendapatkan rezeki untuk berkuliah di UGM.

Hemat Biaya

Keuntungan lolos SNMPTN berikutnya berhubungan dengan finansial, yaitu hemat biaya. Karena jalur penerimaan yang satu ini sepenuhnya ditanggung pemerintah alias gratis. Iya, dengan sobat lolos SNMPTN sobat akan hemat biaya untuk UTBK atau ujian mandiri lainnya.

Bagi sobat pelamar bidikmisi, kalau ikut utbk memang tidak dipungut biaya, karena di tanggung pemerintah. Hanya saja biaya transportasi tetap di tanggung sendiri. Sehingga kalau sobat diterima SNMPTN akan lebih hemat lagi.

Perasaan Bangga

Keuntungan lolos SNMPTN yang terakhir menurut saya adalah perasaan bangga. Tapi bukan berarti bangga untuk kemudian jumawa ya. Melainkan perasaan bangga dari orangtua, kerabat, guru, teman dll. Tentu sobat akan bisa merasakannya sendiri kalau nanti benar-benar lolos SNMPTN.

Namun apabila berkaca dari pengalaman saya ketika lulus jalur SBMPTN, raut bangga kedua orangtua sangat jelas sekali terlihat. Bahkan ibu sampai meneteskan air matanya, dan saya rasa kalau lolos jalur SNMPTN akan lebih membuat bangga lagi.

Penutup

Nah itulah enam keuntungan yang akan sobat peroleh jika lulus jalur SNMPTN versi pengamatan saya. Semoga sobat yang membaca artikel ini bisa lulus SNMPTN tahun ini ya.

Tapi ingat pesan saya, kalau sobat mendapatkan rezekinya di SNMPTN jangan kemudian menjadi sombong. Karena kesombongan tidak akan diridhoi Allah SWT.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi motivasi untuk sobat dalam memaksimalkan SNMPTN tahun ini.

Terimaksih atas kunjungannya.

Tomi Nurhidayat

Data Science dan Machine Learning Enthusiast | SEO Enthusiast.

Previous Post Next Post