Tips Cara Menentukan Jurusan Kuliah

Hallo sobat semua, ketemu lagi dengan saya di Blog Mas Tom , dalam artikel ini saya akan berbagi tips cara menentukan jurusan kuliah beserta perguruan tinggi.

Bagi sobat yang sekarang duduk di bangku SMA/MA/SMK apalagi yang telah naik kelas ke kelas 12, menentukan jurusan kuliah mungkin sedikit bingung. Seperti halnya dulu yang pernah saya rasakan ketika mulai belajar di kelas 12.

Menentukan jurusan kuliah dan perguruan tinggi memang menjadi sebuah pilihan yang sulit bagi sobat yang hendak melanjutkan pendidikan. Apalagi jika tidak mempersiapkan tujuan sejak dari kelas 10.

Pada dasarnya menentukan jurusan kuliah tidaklah sulit. Hanya saja terdapat sebuah gangguan yang menyebabkan kita cemas untuk memantapkan pilihan. Gangguan itu adalah "Ketidakjelasan". Banyak sekali bentuk ketidakjelasan saat kita mulai menentukan jurusan dan perguruan tinggi, diantaranya sebagai berikut

  • Tidak jelas kita akan diterima
  • Tidak jelas apakah jurusan yang dipilih akan sesuai dengan harapan atau tidak
  • Tidak jelas apakah saat lulus akan bekerja sesuai dengan jurusan yang dipilih atau tidak
  • dan masih banyak lagi ketidakjelasan yang mengganggu pikiran

Namun jangan khawatir, mungkin tips memilih jurusan kuliah dari saya ini akan sedikit membantu sobat agar tidak terdistraksi dengan ketidakjelasan yang telah disebutkan.

Berikut beberapa tips menentukan jurusan kuliah beserta perguruan tinggi yang pernah saya lakukan sewaktu duduk di bangku MA

1. Kenali Potensi Diri

Selama sobat belajar di bangku sekolah kurang lebih 11 tahun, saya yakin sobat bisa mengenali potensi diri (minat dan bakat) masing-masing. Potensi ini berkaitan dengan pelajaran yang diminati, prestasi non-akademik yang dicapai dsb, yang menjadi andalan sobat dalam menempuh pendidikan.

Potensi diri tidak bisa ditanyakan kepada orang lain, bahkan kepada orangtua sekalipun. Karena hal ini berkaitan erat dengan diri sendiri, sehingga jangan sampai sobat terbawa arus teman-teman agar mengikuti pilihan mereka. Dengan mengetahui potensi diri ini sobat bisa segera menentukan jurusan, lihat poin selanjutnya

2. Tentukan Pilihan Jurusan

Setelah mengenali potensi diri, maka tips kedua dari saya adalah menentukan jurusan. Dalam menentukan jurusan disini, bukan berarti sobat harus menentukan jurusan kuliah yang sama dengan potensi diri, melainkan cari jurusan yang ada relevansinya.

Baca juga : Tips Menghadapi UTBK

Misal sobat berpotensi dalam mata pelajaran Matematika, maka pilihan yang dapat sobat tentukan adalah jurusan yang berhubungan dengan matematika atau hitungan. Bukan berarti sobat hanya diharuskan memilih jurusan pendidikan matematika ataupun matematika murni.

Jurusan yang berhubungan dengan matematika atau hitungan selain yang diatas misalnya, aktuaria, akuntansi, teknik, statistika, dll.

Jika berprestasi dalam hal seni, maka bukan berarti sobat harus mengambil jurusan pendidikan seni. Lebih luas bisa mendaftar di jurusan seni rupa, seni musik, seni tari, seni desain dsb. Jadi sobat tidak hanya berfikir pendek untuk kedepannya dengan mencari jurusan yang memiliki relevansi.

3. Cari Perguruan Tinggi

Nah, jika telah menentukan dua poin di atas, kini waktunya sobat mencari jurusan di perguruan tinggi. Sesuai susunan yang saya buat, maka untuk mencari perguruan tinggi tentu harus terdapat jurusan yang sebelumnya telah ditentukan.

Misal, sobat telah menentukan jurusan kedokteran. Maka carilah sekaligus mendata perguruan tinggi mana yang menyediakan jurusan-jurusan kedokteran. Dari mulai perguruan tinggi favorit hingga yang dianggap masih belum kredibel.

Hal ini harus sobat lakukan, karena tidak semua perguruan tinggi menyediakan jurusan kedokteran, sekalipun perguruan tinggi terkemuka seperti Institut Teknologi Bandung. Senekad apapun ingin masuk ITB, jika jurusan pilihannya kedokteran maka tidak akan pernah sobat temukan kedokteran ITB. Terkecuali ITB telah membuka jurusan kedokteran, hehe.

Tambahan dari saya untuk menentukan perguruan tinggi adalah pilih perguruan tinggi paling favorit yang terdapat jurusan yang diminati. Maksudnya, selagi jurusan yang sobat inginkan masih ada di beberapa perguruan tinggi favorit, maka jadikanlah perguruan tinggi tersebut sebagai patokan sobat.

Kenapa harus perguruan tinggi favorit ?

Karena semakin favorit perguruan tinggi yang sobat incar, maka tingkat kesulitan untuk diterima menjadi semakin besar. Logikanya, kalau semakin kecil kemungkinan diterima maka sobat akan menjadi lebih semangat dalam belajar mempersiapkan ujian masuk yang ada, baik itu UTBK, ataupun ujian mandiri.

Baca juga : Kumpulan Ebook Materi UTBK Lengkap

Selain alasan tersebut, terdapat alasan yang paling nyeleneh dari pengalaman pribadi, saya biasa mengatakan "Kalau tidak mendapat keseluruhan, minimal dapatkan ujungnya". Dimana pada saat itu, saya sangat menginginkan masuk Teknik Mesin Dirgantara ITB, tapi karena beberapa pertimbangan akhirnya saya milih Teknik Fisika UGM. Pada akhirnya saya diterima di Fisika UGM.

Ini sangat cocok dengan kata-kata yang saya ungkapkan, dimana saya tidak mendapatkan Teknik Fisika, tapi setidaknya tetap mendapat ujungnya yaitu Fisika, hehe.

Jadi yang ingin saya sampaikan adalah jangan pernah malu untuk memilih perguruan tinggi favorit karena alasan ekonomi, kemampuan ataupun yang lainnya. Karena sobat berada dalam probabilitas yang sama sebagai seorang siswa.

Dimana kemungkinan-kemungkinan untuk diterima perguruan tinggi favorit itu selalu ada bagi yang mau berusaha. Namun tetap takdir juga punya peranan yang besar, tetapi setidaknya kita telah melakukan usaha terlebih dahulu.

4. Minta Saran Orangtua

Setelah sobat menentukan jurusan beserta perguruan tinggi, maka sejak itu pula sobat minta saran kepada orangtua dengan membeberkan potensi yang sobat miliki. Jika orangtua mendukung sepenuhnya dengan pilihan tersebut, maka tinggal buktikan kepercayaan orangtua dengan belajar yang rajin.

Namun jika orangtua menyarankan yang lain, jangan sesekali menolaknya secara langsung. Melainkan pertimbangkan kembali apakah sobat akan mampu dengan saran dari orangtua atau tidak, jika sobat merasa tidak mampu, tinggal bicarakan secara baik-baik dengan orangtua.

Ingat bahwa segala kesuksesan yang sobat raih di segala bidang, baik itu akademik maupun non-akademik mungkin pengaruh usaha sobat hanya 30% yang menjadi penyebab kesuksesan tersebut. Sedangkan 70% sisanya merupakan do'a orangtua. Jadi, jangan pernah sesekali menyepelekan saran orangtua.

5. Minta Saran Wali Kelas

Apabila sobat masih belum yakin sepenuhnya, maka wali kelas bisa jadi tempat untuk meminta saran. Karena biasanya wali kelas bisa mengetahui karakter kita dalam belajar. Sehingga bisa membantu mengarahkan sobat saat menentukan jurusan kuliah yang akan diambil.

6. Kejar Apa yang Diinginkan

Setelah sobat menentukan jurusan kuliah beserta perguruan tinggi yang hendak diambil kelak. Maka tips berikutnya adalah kejar apa yang diinginkan, dan jangan pernah putus asa. Sobat bisa membuktikannya dengan belajar sungguh-sungguh dan mulai berhenti main-main.

Dari sekarang sobat tinggalkan kegiatan-kegiatan yang dianggap mengganggu proses belajar. Misal, kegiatan ekstrakurikuler, hal-hal yang tidak bermanfaat bagi tujuan sobat. Apapun yang menghalangi keberhasilan sobat, sejak sekarang harus segera ditinggalkan.

7. Do'a

Salah satu poin penting dari seorang manusia adalah do'a. Setelah sobat melakukan ikhtiyar di atas, maka yang terakhir harus dilakukan adalah berdo'a. Karena do'a merupakan senjata paling ampuh di alam semesta ini.

Do'a bisa dilakukan sendiri dengan meminta kepada Allah SWT dalam setiap ibadah, ataupun meminta dido'akan oleh orang lain, seperti orangtua, guru, teman dll. Ingat satu hal, jangan hanya minta do'a untuk diri sendiri, tapi do'akan pula orang lain agar do'a cepat dikabulkan.

Karena salah satu penyebab dicepatkan pengabulan do'a adalah menyertakan kebaikan-kebaikan. Maksudnya, jika sobat ingin masuk Kedokteran UNPAD misalnya, dalam do'anya selalu sertakan bahwa sobat ingin belajar ilmu kedokteran agar tidak ada lagi masyarakat kecil yang sakit tidak bisa pergi ke rumah sakit karena alasan ekonomi.

Penutup

Mungkin cukup sekian tips menentukan jurusan kuliah beserta perguruan tinggi versi saya. Jika ada versi lain yang mungkin cukup masuk akal boleh untuk meninggalkan tips versi saya ini. Apa yang saya tuliskan dalam artikel ini tak lain hanyalah bentuk rasa syukur saya yang ingin berbagi pengalaman.

Semoga dapat bermanfaat bagi sobat yang hendak menentukan pilihan untuk kuliah. Jangan lupa share artikel ini agar orang lain bisa memiliki motivasi yang sama untuk mencapai mimpi. Mohon maaf apabila dalam tips ini terdapat banyak kesalahan dan kekurangannnya.

Terimakasih atas kunjungannya.

Tomi Nurhidayat

Data Science dan Machine Learning Enthusiast | SEO Enthusiast.

Previous Post Next Post