Tips Menghadapi UTBK SNBT

Bagi sobat yang telah naik ke kelas 12 dan hendak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri, tentu sobat harus siap menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai syarat ikut SBMPTN atau SNBT.

Sebutan UTBK sendiri mulai digunakan sejak tahun 2019, dimana pada tahun sebelumnya ujian masuk perguruan tinggi negeri serta proses seleksinya disebut dengan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) atau sekarang dikenal dengan SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes).

Pada tahun 2019, setelah adanya Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Dirubahlah nama ujiannya menjadi UTBK, sedangkan nama seleksinya masih tetap sama, yaitu SBMPTN. Dimana untuk bisa mengikuti SBMPTN atau SNBT sobat harus mempunyai nilai dari UTBK.

Selain perubahan nama ujian, pada bentuk soalpun mengalami beberapa perubahan. Dimana pada tahun-tahun sebelumnya ada tipe soal TPA(Tes Potensi Akademik), sedangkan dalam UTBK diganti menjadi TPS(Tes Potensi Skolastik).

Perbedaan lain juga pada waktu pengerjaan soal, dimana tahun-tahun sebelumnya waktu untuk mengerjakan tiap bagian soal adalah 105 menit. Sedangkan di UTBK 2019 dan 2020 waktu pengerjaan soal telah dialokasikan oleh LTMPT pada masing-masing sub-bagian, jadi sobat tidak bisa mengerjakan soal lain selain sub-bagian yang sedang dikerjakan.

Pelajari : Pembahasan Soal UTBK Fisika

Misal, sobat sedang mengerjakan soal Matematika saintek, maka sobat tidak bisa beralih ke soal fisika atau kimia sebelum waktu pengerjaan soal matematika habis.

Nah pada kesempatan ini, saya akan berbagi tips untuk menghadapi UTBK agar sobat tidak merasa kaget atau gerogi saat hendak ujian kelak. Tips ini murni apa yang saya lakukan di UTBK 2019,

1. Belajar Materi UTBK

Supaya sobat siap dengan soal-soal yang hendak dikerjakan ketika UTBK kelak, perlu adanya persiapan belajar materi UTBK. Materi soal UTBK sebenarnya tidaklah sesulit apa yang dibayangkan, hanya saja sobat akan terikat waktu dalam mengerjakan soal.

Mungkin saya pernah menyampaikan dalam postingan sebelumnya, atau di forum-forum grup UTBK, bahwa saya tidak pernah mengikuti les/bimbingan belajar baik online maupun offline. Saya hanya mengandalkan beberapa ebook materi utbk snbt kemudian latihan soal-soal SBMPTN atau SNBT tahun sebelumnya.

Tapi perlu sobat ketahui bahwa materi soal UTBK sebenarnya ada pada materi-materi buku SMA/MA. Hanya menggabung-gabungkan beberapa konsep. Jadi, kuasailah konsep materi tiap-tiap mata pelajaran yang hendak di ujiankan.

Salah satu konsep yang muncul dalam utbk 2019 khususnya sub bagian fisika adalah mengenai gerak lurus (GLB dan GLBB) dan gerak parabola. Jika sobat hendak mempelajari dua konsep penting tersebut, bisa kunjungi penjelasan yang saya tuliskan pada series konsep glb dan glbb dan konsep gerak parabola.

2. Ketahui Tipe Soal UTBK

Bagi saya dimasa peralihan dari tipe soal SBMPTN ke UTBK cukup sulit untuk mengetahui tipe soal UTBK. Tapi bagi sobat yang hendak mengikuti UTBK tahun 2021, saya yakin telah banyak beredar bentuk-bentuk soal UTBK tahun 2019 dan 2020. Sehingga bisa dengan dengan mudah mengetahui tipe soal yang akan keluar.

Baca juga : Soal Ujian Masuk Perguruan Tinggi

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya bahwa tipe soal yang berubah hanya di TPS saja, sedangkan soal UTBK dengan soal SBMPTN tahun-tahun sebelumnya tidak banyak berubah untuk bagian TKA. Jadi kalau sobat hendak latihan soal dari soal SBMPTN tahun 2018 dan sebelumnya saya katakan boleh, dengan catatan soal TKA saja.

3. Fokus Belajar Pada Materi yang Dikuasai

Menurut saya, ini adalah tips andalan yang saya gunakan dalam UTBK 2019. Benar sekali, fokus belajar pada materi yang dikuasai merupakan hal yang baik untuk mendapatkan nilai tinggi.

Seperti yang saya sampaikan, bahwa mengerjakan soal UTBK itu dialokasikan waktunya, rata-rata per soal perlu dikerjakan dalam waktu sekitar 1,5 menit. Jadi menurut saya untuk mendapatkan nilai sempurna benar semua sangat kecil kemungkinannya.

Maka sobat harus mengandalkan pada beberapa mata pelajaran untuk memanen nilai. Oleh karena itu, perlu sobat fokus pada beberapa mata pelajaran yang sobat kuasai, sehingga kemungkinan nilai tinggi bisa didapatkan.

Dapatkan : Ebook Materi UTBK SNBT

Saya sendiri waktu itu mengandalkan mata pelajaran Matematika dan Fisika, dan alhamdulillah terbukti dengan nilai Pengetahuan Kuantitatif 845, Matematika Saintek 711 dan Fisika 790. Dari sanalah lumbung nilai saya dapatkan.

Adapun untuk mata ujian yang lain saya hanya belajar sebagai tambahan saja, tapi bukan berarti diabaikan. Melainkan prioritas utama yang dikejarnya, karena saya merasa ada bagian yang berpotensi besar buat saya. Maka sobatpun harus punya minimal 2 andalan yang menjadi prioritas utama untuk mendapatkan nilai tinggi.

4. Atur Waktu

Sehebat apapun sobat dalam menguasai materi kalau tidak bisa mengatur waktu mengerjakan soal tentu akan kesulitan. Untuk mengatur waktu, sobat perlu mengetahui kecepatan sobat dalam mengerjakan soal.

Agar sobat bisa mengetahui seberapa cepat sobat mengerjakan soal, hal yang mungkin bisa dilakukan hanyalah dengan latihan soal. Cobalah untuk mengerjakan soal sambil memasang stopwatch, ketika berhasil menyelesaikannya lihat durasi yang dibutuhkan untuk mengerjakan satu soal.

Baca juga : Tips Cara Meningkatkan Gairah Belajar

Apabila sobat menyadari dalam mengerjakan soal terlalu lambat, maka teruslah latihan soal yang disadari sobat lambat mengerjakannya. Dengan begitu, sobat akan terbiasa dan tidak kaku lagi saat menghadapi UTBK.

5. Berdo'a

Dalam tips-tips yang saya tulis selalu ada tips terakhir yang saya gunakan. Benar sekali yaitu do'a, saya sangat yakin sekali akan kekuatan do'a. Dengan do'alah semua bisa berubah, saya sendiri mengakui bahwa nilai UTBK yang saya dapatkan tidaklah sepenuhnya dari usaha saya belajar. Melainkan berkat do'a orangtua, guru, keluarga, sahabat, dan mungkin do'a saya sendiri.

Bagi sobat yang sampai saat ini hanya berusaha belajar saja tanpa adanya do'a, saya berani jamin apa yang sobat usahakan belum tentu akan sobat dapatkan. Bilapun itu didapatkan, belum tentu apa yang didapatkan itu berkah.

Tapi apabila sobat berusaha belajar sambil dibarengi dengan do'a, kemudian sobat tidak mendapatkannya, maka bukan berarti do'a sobat tidak didengar. Melainkan Allah punya rencana lain yang terbaik untuk sobat. Jadi, jangan pernah berhenti untuk berdo'a.

Penutup

Mungkin itu saja tips menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dari saya, semoga dapat menjadi motivasi sobat untuk mendapatkan nilai UTBK yang tinggi dan bisa kuliah di perguruan tinggi yang sobat idamkan.

Saya menyadari bahwa dalam tulisan ini masih banyak sekali kekurangannya. Maka dari itu kritik dan saran senantiasa saya tunggu di kolom komentar postingan ini. Jangan lupa share ke temannya juga, agar bisa sama-sama berjuang meraih cita-cita.

Terimakasih atas kunjungannnya.

Tomi Nurhidayat

Data Science dan Machine Learning Enthusiast | SEO Enthusiast.

Previous Post Next Post