Tips Cara Meningkatkan Gairah Belajar

Tips Cara Meningkatkan Gairah Belajar


Belajar memang menjadi sebuah kewajiban seorang manusia di muka bumi ini. Namun yang menjadi sebuah kendala dalam belajar bagi setiap siswa, mahasiswa dan yang lainnya adalah gairah dalam belajar.

Berdasarkan pengalaman yang dirasakan saya, tidak bisa dipungkiri bahwa gairah belajar itu tidak selalu konstan. Selalu ada titik dimana kita merasa males dalam belajar, mengerjakan tugas dll.

Titik dimana gairah belajar sangat rendah biasanya ketika kita dapat berbagai macam masalah yang belum terselesaikan. Seperti tugas yang menumpuk, beban tanggung jawab organisasi, dll.

Jika hal itu terjadi dalam diri sobat semua, maka jangan heran dengan diri sobat, karena sobat tidak sendirian mengalami hal seperti itu.

Apakah kita harus tetap berdiam diri dengan keadaan seperti itu?

Tentu tidak, kita harus bangkit dan mulai meningkatkan gairah belajar. Karena waktu terus berjalan, jangan sampai tergilas waktu hanya sekedar memenuhi kemalasan. Berikut saya buatkan beberapa tips cara meningkatkan gairah belajar,

1. Niat

Niat memang tidak bisa dikesampingkan, karena apapun yang kita kerjakan tentu berdasarkan niatnya. Misalkan sobat hendak pergi ke swalayan untuk belanja kebutuhan, tentu sebelumnya sobat akan meniatkan terlebih dahulu baik itu malam harinya, atau bahkan satu jam sebelum pergi. Walaupun ada juga yang spontan karena ikut-ikutan temannya.

Begitupun dengan belajar, sobat harus punya niat dulu agar gairahnya muncul. Dengan begitu akan semangat kembali dalam belajarnya. Dalam niat ini pula yakinkan dalam hati untuk senantiasa istiqomah dalam belajar.

2. Rencana Memulai

Setiap pekerjaan yang hendak kita lakukan haruslah selalu ada rencana kapan dimulai. Begitupun dalam belajar, kita harus punya rencana untuk memulai belajar apakah pagi, siang, sore, atau malam. Dengan rencana tersebut maka sobat akan merasa ada sesuatu yang harus dikerjakan.

Baca juga : Tips Waktu Belajar yang Baik

3. Konsisten

Setelah mempunyai rencana mulai belajar dan berhasil memulainya, maka sobat harus konsisten dengan rencana belajar yang dibuat. Seberapa bagusnya rencana belajar sobat kalau tidak dilakukan secara konsisten tentu tidak ada apa-apanya. Agar rencana belajar itu menjadi terstruktur, maka sobat bisa membuat jadwal belajar sesuai rencana.

Jadwal belajar tidak harus seformal jadwal pelajaran sekolah, cukup luangkan waktu 1 jam diluar jam sekolah yang digunakan untuk belajar. Hal yang bisa dilakukan yaitu dengan menuliskan mata pelajaran yang hendak dipelajari tiap harinya, kemudian tempel di dinding kamar, agar senantiasa terlihat.

4. Pilih Tempat Belajar yang Nyaman

Tempat belajar menurut saya menjadi poin penting dalam tips ini, karena dengan tempat belajar yang tidak nyaman tentu belajar sobat akan menjadi tidak karuan. Sebagai contoh, belajar di tempat bising, panas, dan banyak orang-orang yang berlalulalang tentu akan menjadikan kenyamanan sobat terganggu.

Beberapa tempat yang biasa saya gunakan untuk belajar biasanya di perpustakaan, halaman depan masjid, dan kamar tentunya. Untuk kenyamanan belajar di kamar saya punya tips rahasia yang biasa saya pakai, yaitu membiarkan buku yang hendak dipelajari untuk berserakan di tempat yang dapat kita jangkau.

Hal ini dimaksudkan agar sobat tidak perlu berdiri mengambil dulu buku, kemudian kembali lagi ke tempat belajar. Ini biasanya membuat saya males, sehingga dalam kamar saya suka membiarkan berantakan buku-buku. Namun bagi sobat yang tidak senang dengan hal-hal yang berbau berantakan disarankan untuk tidak mengikuti

5. Cari Teman yang Rajin Belajar

Seperti kata pepatah, bergaul dengan penjual parfum tentu akan bau parfum, sedangkan bila bergaul dengan penjual terasi akan bau terasi. Pepatah tersebut juga berlaku dalam hal meningkatkan gairah belajar, maka berteman dengan yang rajin belajar tentu sobat akan terbawa rajin juga.

Sebagai contoh, teman sobat ada yang mengerjakan tugas, apabila sobat ajak dia untuk bermain tentu dia akan menolaknya, sehingga mau tidak mau sobat akan mengikuti temannya untuk mengerjakan tugas juga.

6. Berdo'a

Setelah beberapa cara diatas dilakukan, maka hal yang perlu sobat lakukan adalah berdo'a. Saya yakin sobat semua sudah faham dengan poin ini, bahwa segala sesuatu yang dikerjakan manusia tidaklah cukup dengan usaha saja, melainkan perlu adanya do'a yang dilakukan agar apa yang dimaksudkan bisa dilancarkan Allah SWT.

Penutup
Mungkin sekian dulu tips cara meningkatkan gairah belajar dari saya pada kesempatan kali ini, semoga bisa memotivasi sobat untuk terus belajar dan belajar, dan menggapai cita-cita yang diharapkan.

Bagi sobat yang punya tips sendiri tentang topik ini boleh di tuliskan di kolom komentar dibawah, agar orang lain bisa mendaapat referensi tips belajar dari sobat semua.

Mohon maaf apabila dalam postingan ini terlalu banyak kesalahannya.

Terimakasih atas kunjungannya.
Tomi Nurhidayat

Data Science dan Machine Learning Enthusiast | SEO Enthusiast.

Previous Post Next Post