Tips Waktu Belajar yang Baik

Banyak siswa yang kesulitan cara mengatur waktu belajar. Padahal manajemen waktu belajar sangat perlu agar belajar kita menjadi efektif. Karena belajar merupakan kewajiban yang harus dilakukan siapapun terutama seorang pelajar.

Dalam tulisan ini saya akan berbagi pengalaman waktu belajar yang baik versi saya. Tips mengatur waktu belajar ini, murni pengalaman yang pernah digunakan saya selama ini.

Tips waktu belajar saya mungkin akan sedikit berbeda dengan tips-tips dari website bimbel ataupun sumber yang lainnya. Namun dengan tips ini, saya tidak bisa menjamin sepenuhnya akan berhasil, karena karakter belajar seseorang mungkin beda-beda.

Waktu belajar yang baik untuk otak sebenarnya menyesuaikan dengan keinginan sobat untuk belajar. Hasil bertanya saya kepada beberapa teman yang pintar mengenai cara membagi waktu belajar. Jawaban mereka menyebutkan waktu yang beda-beda, ada yang siang, sore, malam, dini hari, dan pagi hari.

Dengan merangkum waktu belajar mereka, saya menarik kesimpulan bahwa waktu belajar yang baik tentunya sesuai dengan kondisinya sendiri.

Lalu waktu belajar yang biasa saya gunakan kapan?

Berikut waktu belajar yang tepat berdasarkan pengalaman pribadi saya,

1. Sekitar jam 19.30 - 21.00

Rekomendasi waktu belajar yang baik pertama dari saya adalah setelah sholat isya atau sekitar jam 19.30 - 21.00, tapi bukan berarti belajar selama itu sekaligus. Melainkan di waktu-waktu tersebutlah saya gunakan untuk belajar.

Pada jam-jam ini biasa saya gunakan untuk belajar berupa membaca, mengerjakan pr, atau sekedar mengulang materi yang disampaikan di sekolah.

Kenapa saya gunakan waktu tersebut?

Baca juga : UNBK, Berikut 60 Soal Ujian Nasional (UN) Fisika Lengkap

Karena di jam-jam tersebut merupakan waktu rileks, sehingga kalau sobat gunakan untuk belajar akan sangat mudah sekali dalam mencerna apa yang kita pelajari. Apalagi kalau pelajaran yang dipelajari pelajaran yang telah dibahas sebelumnya di sekolah. Jadi, maksimalkanlah bagi sobat yang hendak belajar di jam-jam itu.

2. Sekitar jam 22.00 - 00.00

Rekomendasi waktu belajar yang kedua ini merupakan waktu favorit saya untuk belajar, yaitu antara jam 22.00 - 00.00. Saya biasa gunakan waktu ini apabila di jam 19.30 - 21.00 tidak digunakan untuk belajar.

Artinya, di malam hari durasi belajar saya tidak bertambah atau dikurangi. Namun waktu belajarnya saja yang saya geser. Waktu belajar jam-jam ini biasa saya lakukan apabila di jam sebelumnya saya gunakan untuk sekedar buka sosial media, baik itu facebook, instagram, twitter dll.

Jangan berfikir bahwa saya kehilangan waktu bermedia sosial. Jika mengira seperti itu maka sobat salah, saya termasuk seseorang yang selalu aktif dalam media sosial tiap harinya, tentunya kalau ada kuota hehe. Namun semua itu tidak lantas mengganggu kegiatan belajar saya.

Kenapa milih waktu ini sebagai waktu favorit?

Sebenarnya saya sendiripun tidak tahu kenapa saya bisa sangat suka sekali dengan jam-jam ini, sampai bisa mengatakan waktu favorit. Tapi yang pasti saya merasa sangat enjoy, rileks kalau belajar di jam-jam ini.

Alasan yang paling logis karena waktu ini merupakan waktu yang mulai hening. Sehingga sedikit sekali gangguan dari bunyi-bunyi yang mengganggu konsentrasi.

Sampai sempat pada suatu malam, saking enjoynya belajar di jam ini saya labas belajar hingga sekitar jam 03.00 dini hari. Namun karena dinikmati, tidak merasa sedikitpun ngantuk saat di jam sekolah.

Apa pelajaran yang dipelajari?

Di waktu ini saya rekomendasikan untuk tidak belajar yang berhubungan dengan menulis atau membaca. Karena serileks apapun sobat akan merasakan ngantuk bila belajar yang sifatnya membaca dan menulis, apalagi di jam istirahat.

Nah, rekomendasi pelajaran yang tepat untuk dipelajari di waktu ini adalah pelajaran matematika, fisika, dan kimia. Jika sobat tidak mempelajari fisika atau kimia bisa diubah menjadi pelajaran yang bersifat hitungan.

Kenapa pelajaran seperti itu?

Baca juga : 9 Tips Cara Pintar Belajar Matematika Tanpa Les

Karena pelajaran-pelajaran tersebut tidak memberikan efek ngantuk saat kita sungguh-sungguh mau belajar. Silahkan sobat bisa mencobanya sendiri kalau tidak percaya. Tapi dengan catatan sungguh-sungguh ingin bisa.

3. Sekitar jam 05.00 - 06.00

Banyak orang yang mengatakan bahwa waktu belajar di jam 05.00 atau selepas sholat subuh sangatlah bagus, karena pikiran masih segar bugar. Memang benar, saya mengalami sendiri bahwa di waktu tersebut sangat bagus untuk belajar. Karena mudah mencerna, dan mudah mengingat.

Lalu kenapa tidak jadi waktu favorit?

Kalau menurut penilaian subjektif saya, di jam-jam tersebut hanyalah bisa digunakan untuk belajar yang sifatnya membaca atau menghafal saja. Karena waktu yang relatif sempit, dan terasa sangat cepat sekali dari subuh ke menjelang berangkat sekolah, jadi saya kurang menyukai kalau dibandingkan dengan jam malam.

Namun bukan berarti tidak saya gunakan, biasanya saya gunakan jam ini untuk meriview hafalan malam hari, terutama di masa-masa ujian tengah semester, ujian akhir semester, persiapan lomba atau bahkan ujian nasional dll.

Bagi sobat yang senang dengan pelajaran hafalan, atau yang sejenisnya saya sangat merekomendasikan untuk mencoba waktu belajar ini. InsyaAlloh sobat akan dimudahkan dalam menghafal.

Penutup

Demikianlah tips waktu belajar yang baik versi saya, dari ketiga waktu di atas hanyalah murni penilaian saya pribadi secara subjektif sesuai dengan pengalaman yang saya alami. Untuk masalah manjur atau tidaknya kembali ke karakter belajar sobat sendiri.

Bagi sobat yang sudah memiliki waktu belajar yang efektif, saran saya untuk tetap melanjutkannya. Namun jika sobat ingin mencoba tips dari pengalaman saya, sobat boleh coba dulu salah satu dari yang saya sampaikan di atas. Jika merasa tidak cocok dengan karakter belajar sobat silahkan coba poin lainnya.

Baca juga : Kumpulan Ebook Matematika Fisika Kimia Biologi Free

Mungkin sekian dulu tips waktu belajar dari saya pada kesempatan kali ini, semoga bisa memotivasi sobat untuk terus belajar, dan menggapai cita-cita yang diharapkan.

Bagi sobat yang punya waktu belajar yang berbeda boleh tuliskan di kolom komentar, agar orang lain bisa mendapatkan referensi belajar dari sobat juga. Mohon maaf apabila dalam postingan ini banyak kesalahannya.

Terimakasih atas kunjungannya.

Tomi Nurhidayat

Data Science dan Machine Learning Enthusiast | SEO Enthusiast.

Previous Post Next Post