9 Tips Cara Pintar Matematika Tanpa Belajar di Tempat Les

Dalam postingan kali ini saya akan berbagi pengalaman pribadi yang mungkin bisa bermanfaat bagi sobat yang ingin tahu cara pintar matematika tanpa belajar di tempat les privat.

Bagi orang-orang di Indonesia pintar matematika mungkin menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Sehingga tidak sedikit para orang tua memasukan anaknya ke tempat-tempat bimbingan belajar agar anaknya pintar matematika.

Tahukah sobat bahwa cara agar pintar matematika tanpa belajar di tempat bimbel atau les itu bisa lho. Sebagaimana pengalaman pribadi yang saya alami.

Kenapa saya katakan pengalaman pribadi?

Jawabannya sangat simple, karena cara ini salah satu cara yang saya gunakan ketika belajar matematika sejak di MTs dan MA.

Sebenarnya tidak hanya pelajaran matematika saja, saya rasa semua pelajaran pun akan manjur dengan tips belajar saya ini. Namun dulu saya hanya gunakan pada pelajaran Matematika, Fisika, dan Kimia.

Banyak sekali teman-teman bertanya mengenai tips belajar matematika saya saat masih sekolah. Nah pada kesempatan kali ini saya akan bagikan tips jitu pintar matematika yang pernah saya gunakan agar menjadi pelajar hebat.

Cara Pintar Matematika Tanpa Belajar di Tempat Les

1. Sukai Matematika

Siapa pun yang ditanya tentang tips pintar matematika pasti jawabannya simple, yaitu sobat harus sukai dulu matematika.

Sama halnya dengan saya, ketika teman-teman bertanya "gimana sih belajarnya kok bisa cepet paham matematika?" Dengan gampangnya saya jawab "karena saya suka matematika".

Bagi sobat yang terlanjur benci dengan matematika, tapi ada keinginan untuk menjadi jago matematika dengan cara pintar matematika tanpa belajar di tempat les. Maka mulai sekarang biasakan untuk sukai matematika dengan cara sepele berikut ini

  • Pilih buku catatan yang paling menarik sampulnya.
  • Pilih buku yang bagus bagian steplernya supaya tidak mudah copot.
  • Usahakan jangan pernah mengambil bagian tengah buku catatan.
  • Jangan pernah mencorat-coret bagian belakang buku catatan.
  • Biasakan menulis di buku catatan dengan rapi.
  • Hindari penggunaan Tipe X, kalau salah lebih baik di coret 2x.
  • Letak tulisan tidak harus sama persis dengan yang di papan tulis.
  • Hindari penggunaan bolpoint/pensil tebal.

Terlihat sangat sepele bukan? namun delapan poin tersebut sangat berpengaruh untuk sobat yang berusaha menyukai matematika. Perlu diingat "jangan sepelekan masalah sepele!".

2. Bangun Pondasi Sugesti

Pondasi sugesti memang sesuatu yang sangat penting, karena dengan pondasi inilah sobat akan merasa lebih kuat, selain itu pondasi sugesti juga bermanfaat untuk meningkatkan gairah belajar.

Sebenarnya mudah dan sulitnya sobat memahami matematika berawal dari sugesti yang sobat buat dalam pikiran. Oleh karena itu membangun sugesti merupakan salah satu cara agar pintar matematika.

Berdasarkan pengalaman pribadi saat belajar kimia, ketika saya berfikir soal kimia susah padahal belum mencoba, maka ketika mengerjakan cenderung lebih kesusahan.

Namun ketika saya berfikir soal ini sepertinya mudah kalau saya coba pelajari dulu, alhasil semuanya dikerjakan dengan lancar.

Nah untuk sobat yang hendak membangun pondasi sugesti, mulai sekarang jangan pernah mengeluh sulit, susah, gak bisa dll.

Justru sebaliknya sobat harus meyakinkan kepada diri sobat sendiri bahwa matematika itu mudah, saya pasti bisa.

Sugesti yang paling manjur menurut saya adalah kata-kata yang saya ambil dari nasehat bapak saya, yaitu "Kalau orang lain bisa, kenapa saya tidak?".

3. Enjoy dengan Guru

Tidak sedikit siswa/siswi yang sulit memahami pelajaran matematika karena bermasalah dengan gurunya.

Menurut saya inilah masalah inti sobat sulit paham matematika, atau bahkan sampai benci dengan matematika.

Banyak sekali siswa/siswi yang takut dengan guru matematika karena gurunya killer saat mengajar, memberi tugas yang tak tanggung-tanggung, nilai ulangan kecil dimarahin habis-habisan.

Jika sobat menemukan guru yang seperti itu maka sobat harus belajar enjoy dengan guru tersebut, jangan dimasukan ke hati jika beliau marah, sesekali jadi pencair suasana keadaan kelas dengan candaan yang wajar supaya tidak tegang.

Beberapa hal yang biasa saya lakukan untuk bisa enjoy dengan guru

  • Sapa guru kalau bertemu, minimalnya dengan senyuman.
  • Sebisa mungkin salaman dan menanyakan keadaanya.
  • Hampiri jika terlihat dari kejauhan.
  • Luangkan waktu untuk sekedar berbicara.
  • Bicara dengan bahasa santai namun tetap jaga sopan santun.
  • Jangan sekali-kali memotong pembicaraan.

Seperti hal yang sepele, tapi lagi-lagi sikap seperti itu akan menjalin keakraban yang bagus bagi seorang pelajar dengan gurunya. Dengan sikap seperti itu, setidaknya sobat tidak akan kena marah yang berlebih ketika di kelas.

4. Berusaha Pahami Sendiri

Inilah rahasia cara agar pintar matematika tanpa belajar di tempat bimbel yang paling sering saya lakukan. Iyap, dengan berusaha memahami sendiri konsep matematika dari buku yang ada.

Dalam proses KBM sekolah biasanya saya menggunakan buku paket ataupun LKS. Jika sobat benar-benar ingin mempraktekan cara pintar matematika tanpa belajar dengan guru, tips saya ini mungkin bisa dilakukan semaksimal mungkin.

Kenapa? karena dengan buku paket atau LKS sobat sudah mempunyai modal sendiri.

Buku paket dan LKS biasanya sudah menyediakan materi pembelajaran dan soal tiap-tiap bab. Ketika sobat sudah atau akan mengambil buku paket dan LKS biasakan untuk melakukan hal-hal ini

  • Pilih buku yang keadaanya baik.
  • Baca sekilas isi buku.
  • Cari bab 1, kemudian usahakan untuk membacanya.

Tiga hal di atas sobat lakukan saat masih di sekolah. Tips poin 4 ini biasanya saya lakukan ketika sampai di rumah atau kos-kosan pada waktu belajar yang baik menurut saya.

Lalu bagaimana bisa memahami matematika tanpa diajarkan?

Inilah poin penting yang hanya sedikit orang ketahui. Pintar matematika tanpa diajarkan itu sebenarnya bisa dilakukan, sehingga untuk beberapa materi tidak perlu ada guru. Sobat hanya butuh buku atau referensi lainnya, kemudian pelajari sendiri.

Memang bisa? sangat bisa sekali selama 6 tahun saya belajar matematika dengan cara ini, alhamdulillah sangat membantu, bahkan sobat akan merasa sudah bisa saat belajar di kelas.

Caranya gimana?

Sobat hanya butuh niat dan tekad yang kuat, berikut yang biasa saya lakukan untuk memahami matematika tanpa guru

  • Menentukan waktu belajar yang saya sukai.
  • Merapikan tempat untuk belajar.
  • Siapkan buku paket/lks dan alat tulis lainnya.
  • Siapkan kertas corat-coret, lebih bagus buku khusus.
  • Baca buku paket/lks bagian bab 1 sampai beberapa materi saja.
  • Baca ulang sambil pahami materi inti
  • Biasanya terdiri dari rumus kemudian contoh soal dan pembahasan.

    Di sini sobat harus memaksimalkan pemahaman mengenai asal mula rumus, biasanya hanya dengan modal tambah, kurang, kali, bagi.

    Setelah paham asal mula rumus, kemudian pahami contoh soal dan pembahasannya.

    Jika sobat sudah paham, sobat bisa langsung mencoba latihan soal yang sejenis dalam kertas corat-coret/buku khusus.

    Namun, jika sobat mengalami kebuntuan jangan dulu menutup buku, cari referensi lain baik itu dari internet atau buku lain.

    Jika setelah berusaha mencari referensi tetap tidak paham lanjutkan ke tips berikutnya.


5. Bertanya

Tips ini menjadi kelanjutan tips sebelumnya. Menurut saya bertanya merupakan jurus andalan cara pintar matematika tanpa belajar di tempat bimbel. Dengan bertanya, sobat akan menjadi paham, sehingga apabila belum paham jangan pernah malu untuk bertanya.

Bertanya mengenai materi yang tidak sobat pahami bisa dilakukan kepada siapa pun tidak hanya di tempat les. Asalkan yang sobat anggap kompeten. Bertanya bisa dilakukan kepada guru matematika langsung, teman yang sudah bisa, kakak kelas dll.

Namun lebih bagus lagi kalau sobat bertanya langsung ke guru matematika di sekolah. Berikut cara saya bertanya langsung ke guru supaya kita lebih paham

  • Temui langsung ke ruang guru, kemudian tanyakan masalahnya.
  • Tanyakan dalam kelas, jika tidak terbahas dalam KBM berlangsung.
  • Tanyakan lewat WhatsApp atau semisal
  • Namun perlu diperhatikan dulu apakah guru membolehkan atau tidak (karena berhubungan dengan kesopanan).

Dari ketiga hal di atas semuanya pernah saya lakukan dan berhasil memahami matematika dengan baik.

6. Pahami Hasil Bertanya

Setelah kita bertanya kemudian paham, maka jangan puas dulu. Pemahaman hasil bertanya sobat harus diulang kembali di rumah dengan mencoba contoh soal sejenis lainnya. Hal ini perlu dilakukan agar ketajaman dalam pemahaman soal matematika yang serupa semakin kuat.

7. Latihan Soal

Latihan soal menjadi poin akhir untuk sobat mempertajam pemahaman materi. Sehingga dengan bentuk soal bagaimanapun karena sudah terbiasa latihan soal, maka soal-soal matematika akan terasa sama saja.

Mungkin sobat pernah mendengar bahwa belajar matematika itu bukan membaca, atau menghafal tetapi sering-seringlah latihan soal.

Menurut saya pola berfikir seperti itu kurang tepat, karena membaca dan menghafal pun sebenarnya penting. Kenapa? karena jika sobat langsung praktek latihan soal tanpa membaca dulu materi atau menghafal dulu rumus maka semua akan sia-sia, sobat mungkin bisa mengerjakan soal tapi pemahaman terhadap materi dan rumus tidak didapatkan.

Lebih parah lagi mungkin sobat tidak akan bisa mengerjakan soal sama sekali. Jadi untuk menjadi pintar matematika tetap harus mau membaca materi dan memahami rumus sesuai dengan step by step belajar ya.

Menurut saya tips belajar matematika yang saya tulis ini sudah sesuai dengan urutan belajar, dan alhamdulillah sudah dirasakan oleh saya sendiri. Sehingga cara pintar matematika tanpa belajar di tempat les akan semakin mudah sobat capai.

8. Mau Mengajarkan Kepada Orang lain

Tips ini mungkin akan mengalami kendala bagi kalian yang berambisi ingin jago matematika sendiri. Tidak bisa saya pungkiri jago matematika di kelas atau di sekolah memang jadi hal yang membanggakan apalagi tidak ada saingan.

Baca juga : Kumpulan Ebook Matematika Fisika Kimia Biologi Free

Namun perlu kalian ketahui, kunci paham yang permanen itu berbagi dengan orang lain. Setelah sobat paham betul dengan materi tertentu dalam matematika usahakanlah untuk mengajarkannya kepada orang lain yang ingin bisa matematika juga.

Karena dengan mengajarkan apa yang telah kita pahami, maka sobat akan mendapatkan 4 hal berikut

  • Mempertajam pemahaman sobat dengan bentuk soal bagaimanapun.
  • Komunikasi sosial yang baik.
  • Di sukai banyak teman.
  • Mendapatkan pahala.

Makanya segala sesuatu apapun ketika kita mau berbagi sudah dipastikan tidak akan pernah rugi, apalagi orang yang diajari mengajarkan lagi ke orang lain. Jadilah ilmu kita bermanfaat untuk orang lain.


9. Tips Terakhir Selamat Mencobaaa...

Demikian tips cara pintar matematika tanpa belajar di tempat les versi saya, apabila sobat melakukan step by step cara saya di atas, insyaAlloh sobat akan dengan mudah memahami matematika.

Jangan lupa share pengetahuan ini ke teman-temannya agar orang lain bisa sama-sama paham matematika tanpa harus mahal bayar les privat.

Poin pentingnya saya berharap siswa/siswi Indonesia tidak takut lagi dengan pelajaran matematika dan tidak akan dimarahi orangtua atau guru karena nilai ulangan matematika selalu kurang bagus.

Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.

Tomi Nurhidayat

Data Science dan Machine Learning Enthusiast | SEO Enthusiast.

Previous Post Next Post