Tips Menjadi Pelajar Hebat Berprestasi

Tips Menjadi Pelajar Hebat

Berbicara mengenai menjadi pelajar hebat berprestasi, tentu yang ada di dalam benak kita adalah pelajar yang juara kelas, nilai ulangan selalu mendapatkan 100, pintar presentasi atau bahkan juara olimpiade di semua mata pelajaran.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi apa yang pernah saya baca dari sebuah artikel luar mengenai cara orang luar negeri bisa menjadi hebat dalam menempuh pendidikan sebagai pelajar.

1. Buat Prioritas

Mungkin sobat telah mengenal biografi ilmuwan terkenal bernama Einstein. Dia adalah seorang ilmuwan, peraih nobel fisika pada tahun 1921 atas jasanya terhadap fisika teoritis khususnya penemuan efek fotolistrik.

Namun pernahkah sobat mendengar Einsten mendapat penghargaan nobel biologi?

Saya rasa sobat tidak akan mendengarnya, karena bidang yang di tekuni Einstein bukan dalam biologi, melainkan bidang fisika. Dalam kasus ini tentu sobat faham, bahwa untuk menjadi hebat bukan berarti harus menguasai semuanya, melainkan pada beberapa prioritas yang benar-benar disenangi.

Untuk menjadi pelajar hebat dan berprestasi, kita harus mempunyai paling sedikit satu prioritas unggulan dalam diri, baik itu dalam bidang akademik, non-akademik atau bahkan dalam hal softskill.

2. Konsentrasi dalam Belajar

Berkaitan dengan poin pertama mengenai prioritas, maka ada hubungan dengan konsentrasi dalam belajar. Ketika sobat sudah memiliki prioritas utama dalam diri, maka hendaklah berkonsentrasi dengan apa yang ingin dipelajari.

Misal, sobat punya prioritas dalam hal melukis, maka mulailah berkonsentrasi teknik-teknik melukis, mempelajari genre lukisan, mempelajari bagaimana lukisan yang baik dari segi estetiknya dll.

3. Istirahat

Setinggi apapun kegigihan dalam belajar, satu hal yang tidak boleh di langgar seorang pelajar hebat yaitu istirahat yang cukup. Mungkin sobat berfikir Mark Zuckerberg bisa sukses pasti dia belajar keras siang dan malam untuk mendirikan facebook hingga lupa tidur.

Kalau sobat berfikir seperti itu, maka sobat salah besar. Dalam sebuah cerita yang pernah saya baca, justru pendiri facebook itu malah keluar dari kuliahnya setelah ia mendapatkan ilmunya.

Artinya apa?

Artinya Mark Zuckerberg istirahat dari kuliahnya yang menyibukan dirinya dengan mata kuliah yang mungkin menguras lebih tenaganya. Istirahat perlu agar gairah belajar kembali meningkat.

Bagi sobat yang mempunyai kebiasaan belajar pagi, siang, malam sampai-sampai lupa waktu istirahat, mulai sekarang rubahlah kebiasaan tersebut.

Bukan salah, tapi perlu sobat ketahui tubuh manusia itu tidak sanggup melakukan kerja full seperti halnya robot. Bahkan robotpun sesekali ada isirahatnya.

4. Pendalaman Pemahaman

Setelah sobat tahu banyak mengenai apa yang sobat pelajari, maka hal selanjutnya yang dapat membuat sobat menjadi pelajar hebat yang berprestasi adalah bagaimana mendalami apa yang diketahui.

Sebagai contoh, sobat mempelajari bidang kimia, maka sobat harus belajar untuk mengetahui apa manfaat bidang kimia yang dipelajari dalam kehidupan sehari-hari, bagaimana menerapkan kimia untuk kemaslahatan lingkungan sekitar, dll.

5. Berikan Tanda

Apabila telah belajar sesuatu hal dari sebuah buku, e-book, atau hanya sekedar tulisan tangan dari hasil belajar di kelas. Maka untuk mempermudah mempelajarinya di lain waktu sobat bisa lakukan penandaan terhadap beberapa kata atau kalimat, baik itu dengan stabilo pastel, garis bawah kata atau kalimat dll.

Baca juga : Tips Waktu Belajar yang Baik

Catatan dari saya, jangan lakukan penandaan pada satu paragraf, karena hal ini justru akan membingungkan ketika terlalu banyak warna.

6. Ajukan Pertanyaan dan Analisis Jawaban

Apabila sobat punya beberapa keraguan dalam suatu materi pelajaran yang sedang dipelajari, maka jangan pernah malu untuk bertanya. Dengan pertanyaan yang diajukan, tentu akan ada suatu timbal balik berupa jawaban dari orang lain yang lebih faham.

Dengan jawaban yang diterima itu, maka sobat bisa menganalisis kesesuaian pertanyaan yang sobat ajukan dengan jawaban yang didapat. Apabila merasa belum puas dengan jawaban yang didapat itu, maka sobat bisa pertanyakan lagi di forum-forum lain untuk mencari jawaban.

7. Gunakan Sumber

Terakhir tips menjadi pelajar hebat adalah menggunakan sumber ketika menyampaikan pendapat atau kritik terhadap sesuatu. Dengan adanya sumber yang sobat sampaikan, maka orang lain akan merasa bahwa apa yang disampaikan itu benar dengan sumber yang dapat dipercaya.

Penutup
Demikianlah Tips Menjadi Pelajar Hebat Berprestasi yang dapat saya tuliskan pada kesempatan ini. Apa yang saya tuliskan tentunya banyak kekurangannya, maka dari itu kritik dan saran akan senantiasa saya tunggu untuk kebaikan dimasa mendatang.

Terimakasih atas kunjungannya.
Tomi Nurhidayat

Data Science dan Machine Learning Enthusiast | SEO Enthusiast.

Previous Post Next Post