Penyebab Timbulnya Malas

Malas memang menjadi suatu hal yang tidak bisa dijauhkan dari setiap orang. Bahkan hampir semua orang pasti pernah merasakan malas, baik itu malas dalam mengerjakan tugas, malas belajar, bahkan malas buat artikel blog juga hehe.

Rasa malas dalam diri seseorang bisa muncul kapan saja, dimana saja dan sangat merugikan sekali terhadap produktivitas. Maka dari itu penting bagi kita untuk mengetahui penyebab timbulnya rasa malas agar setidaknya bisa menghindari penyebab-penyebab malas tersebut.

Berikut beberapa rangkuman penyebab timbulnya malas berdasarkan pengalaman pribadi,

1. Handphone/Smartphone

Seiring berkembangnya dunia teknologi, berbagai kecanggihan dalam smartphone juga semakin canggih. Dari yang dulunya hanya bisa melakukan komunikasi dua orang saja, sekarang pengguna smartphone bisa berkomunikasi dalam bentuk grup.

Tentu dengan adanya grup-grup tersebut ada manfaat, ada pula kekurangan. Namun menurut pengalaman saya, justru agak lebih banyak kekuranngannya terutama dalam hal menjadikan diri kita malas.

Dengan adanya grup-grup seperti Whatsapp, Line, Facebook, dll justru menjadikan kita penasaran dengan isi percakapan di dalamnya, sehingga akhirnya terjebak dalam kemalasan.

2. Tidak Menghargai Waktu

Mungkin banyak dari kita yang merasa masih banyak waktu untuk melakukan sesuatu, sehingga banyak waktu yang terbuang sia-sia hanya digunakan untuk bermain, buka-buka sosmed, chat-chat gak jelas, atau bahkan hunting-hunting yang menguras uang, sampai pada akhirnya timbullah rasa malas.

Semua itu terjadi akibat dari kita yang tidak menghargai waktu, padahal waktu itu terus berjalan dan tidak akan pernah kembali ke waktu yang telah terlewatkan. Sekalipun kejadiannya sama, tapi waktu itu tidaklah sama walau hanya satu menit, bahkan satu detik.

3. Menunda Pekerjaan

Kebiasaan menunda pekerjaan memang sudah biasa dilakukan orang-orang, baik itu siswa, mahasiswa, bahkan orang dewasa sekalipun termasuk diantaranya saya (hehe) ternyata masih senang menunda pekerjaan.

Baca juga : Tips Meningkatkan Gairah Belajar

Akhirnya saat deadline sudah semakin sempit rasa malaspun malah muncul dan kemudian enggan untuk mengerjakannya.

4. Tidak Punya Pendirian

Terakhir yang membuat kita malas adalah tidak punya pendirian dalam diri. Misal ketika semangat-semangatnya mengerjakan suatu hal, kemudian datang teman, kerabat atau yang lainnya mengajak ke hal yang lain, lalu kemudian langsung meninggalkan pekerjaan yang sedang dilakukan.

Hal seperti inilah sebenarnya yang menjadikan kita merasa malas untuk dikemudian hari. Dimana setelah selesai beraktivitas dengan teman atau kerabat, biasanya rasa malas untuk melanjutkan pekerjaan yang sedang digarap kemudian muncul dan cenderung untuk menunda pekerjaan lagi.

Penutup

Demikianlah 4 penyebab timbulnya rasa malas dalam diri seseorang yang dapat saya tuliskan pada postingan kali ini. Dimana poin-poin yang saya tuliskan diatas merupakan pengalaman saya pribadi. Dengan ditulisnya postingan ini, saya berharap untuk tidak mengulangi hal yang sama dikemudian hari.

Kemudian sobat semua bisa menghindari poin-poin tersebut, supaya tidak terjadi juga pada diri sobat. Mohon maaf apabila dalam artikel ini terdapat banyak sekali kekuranngannya, kritik dan saran senantiasa terbuka bagi saya.

Terimakasih atas kunjungannya.

Tomi Nurhidayat

Data Science dan Machine Learning Enthusiast | SEO Enthusiast.

Previous Post Next Post