Manfaat Ngeblog Untuk Diri Sendiri Yang Jarang Disadari

Manfaat Ngeblog Untuk Diri Sendiri Yang Jarang Disadari
Blog Mas Tom


Berbicara mengenai ngeblog, bagi sobat yang belum pernah mencicipi mungkin akan berfikir tidak ada manfaatnya hanya buang-buang waktu. Namun bagi sobat yang enjoy tentu akan merasakan manfaat yang begitu besar bagi diri pribadi bahkan orang lain.

Mengingat kemajuan teknologi pada saat ini semakin pesat. Sehingga orang-orang lebih senang membaca suatu informasi lewat internet. Tak jarang media cetak dewasa ini semakin melebarkan sayapnya dengan membuat website yang didalamnya terdapat info-info up to date seperti halnya dalam koran, majalah, dll.

Bukan hanya informasi berita, ternyata dalam website media cetak yang ikut terlibat di dunia maya juga menyediakan blog dalam websitenya.

Memangnya beda website dengan blog ?

Tentu beda, untuk mengetahui perbedaannya sobat bisa membaca postingan saya sebelumnya mengenai perbedaan blog dengan website.

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara dengan pengguna internet terbanyak di dunia. Menurut survei APJII, pada tahun 2018 terdapat 171,17 juta jiwa di Indonesia yang memakai internet. Angka ini naik 10,12% dibandingkan tahun sebelumnya.

Dengan angka tersebut, maka tidak salah kalau pada zaman sekarang selalu serba internet. Bahkan hal kecil yang dianggap sepele pun bisa bermanfaat ketika dimasukan ke internet.

Lalu muncul pertanyaan bagaimana untuk bisa menuangkan hal-hal yang dianggap sepele ke dalam internet ?

Jawabannya yang termudah yaitu dengan membuat blog. Dalam blog sobat bisa menyampaikan atau menuangkan segala ide agar orang lain dapat mengetahuinya. Jika sobat belum mempunyai blog, bisa membaca artikel saya mengenai series membuat blog dari nol sampai mahir.

Jika sobat masih belum yakin untuk memulai ngeblog, berikut saya akan sampaikan manfaat ngeblog yang saya rasakan sendiri agar sobat semakin yakin.

1. Menambah Pengetahuan

Membuat blog tentunya untuk menuliskan gagasan atau ide. Selain itu ngeblog juga bisa sebagai tempat berbagi pengalaman, baik pengalaman ngeblog itu sendiri, pengalaman membuat sesuatu sehingga bisa di share dengan membuat tutorial-tutorial yang sobat ketahui.

Seperti blog yang sedang sobat baca ini, isi blog ini tentang seputar pengalaman saya di dunia blogging, pengalaman menjalankan software, dll. Sehingga kontennya ada yang membahas mengenai ngeblog (ngeblog tentang blog), tips belajar, tutorial, dan beberapa berbagi ebook.

Untuk bisa melakukan itu semua tentu saya selalu membaca perkembangan diantara topik yang saya tekuni baik dunia blogging, belajar, atau bahkan teknologi. Dengan begitu pengetahuan saya menjadi bertambah dan pada akhirnya bisa saya tuangkan untuk berbagi melalui blog ini.

2. Menjadi Penulis Andal

Untuk bisa menjadi penulis andal tentu tidak bermain-main. Karena menuangkan ide dalam bentuk tulisan itu menurut saya sangatlah sulit. Mungkin sobat menyangka saya bisa menerbitkan banyak artikel dalam blog ini karena saya bisa menulis dari sebelumnya.

Jika sobat berfikiran seperti itu, maka sobat salah fatal. Dari mulai SD sampai di SLTA yang saya sangat tidak senang yaitu ketika masuk sekolah setelah liburan. Karena setiap guru bahasa Indonesia atau bahasa daerah pasti saja menyuruh membuat cerita liburan dsb.

Padahal pada saat liburan dua minggu, saya tidak kemana-mana. Dengan begitu dalam otak saya pun tidak ada terbesit ide sedikitpun dong, hehe. Alhasil saya hanya ngarang bebas yang alur tulisannya pun tak karuan karena yang penting ngerjain.

Tapi dengan saya mulai ngeblog di akhir kelas tiga sekolah SLTA, pada awalnya saya sedikit kesulitan. Tapi seiring dengan berjalannya waktu, dan seringnya saya membaca-baca artikel di internet dan buku membuat saya semakin faham alur menulis.

Dengan kefahaman yang didapat, lalu mempraktekkannya menulis di blog yang saya kelola ini. Akhirnya semakin terbiasa, yang awalnya nulis 100 kata itu terbilang susah. Namun setelah saya ngeblog beberapa bulan, menulis 600 kata pun menjadi terasa sangat gampang sekali. Bahkan artikel yang sedang sobat baca ini pun panjangnya sampai 1000 kata lebih, hehe.

Dengan menjadi seorang blogger ide untuk menuangkan dalam bentuk tulisan pun menjadi sangat banyak sekali. Bahkan saya sempat menentukan judul, tapi karena muncul ide baru lagi yang sebelumnya sampai lupa. Makannya sekarang-sekarang setelah saya mendapatkan ide langsung menuangkannya.

3. Mengisi Waktu Senggang

Banyak yang bilang dari para blogger senior bahwa ngeblog itu sebenarnya untuk ngisi waktu senggang. Memang saya sepakat dengan pendapat tersebut, karena memang saya sendiri pun melakukannya.

Daripada waktu luang saya terbuang cuma-cuma, biasanya saya menulis artikel untuk kemudian diterbitkan. Sekedar bercerita saja, saya kalau ngeblog jarang sekali langsung di kolom area tulis penerbitan artikel, melainkan menuliskan dulu dengan menggunakan notepad, atau microsoft word.

Karena memang ide itu muncul seketika, jadi solusinya dengan menuliskan dulu lalu di lain waktu menerbitkannya. Maka benar kalau ada pendapat bahwa ngeblog itu memang untuk mengisi waktu luang.

Tapi tidak jarang juga ada orang yang menjadikan dunia blogging menjadi kesibukannya. Karena memang bisa jadi menulis menjadi hobi sehari-hari, atau karena punya target menghasilkan pendapatan dari ngeblog. Untuk penjelasan menghasilkan pendapatan akan saya jelaskan di poin selanjutnya.

4. Menyehatkan Jiwa

Taukah sobat, bahwa ada loh orang yang senang sekali nulis. Saking senangnya, tidak menulis sekali saja dalam sehari membuatnya seperti ada sesuatu yang kurang dalam hidupnya. Nah, jika sobat salah satunya maka ngeblog mungkin akan menjadi media yang baik untuk sobat.

Karena dengan ngeblog, sobat tidak hanya sekedar menulis. Tetapi tulisan sobatpun punya kesempatan untuk bisa dibaca orang lain, apalagi dibaca sama doi, hehe.

Selain itu, bagi sobat yang senang membantu orang lain, blog juga bisa jadi solusi loh. Sobat bisa membuat artikel-artikel tutorial yang mungkin orang lain belum bisa. Sehingga dengan artikel yang sobat buat di blog dapat membantu orang lain.

Dengan begitu tentu sobat akan menjadi senang dan tanpa sadar dengan rasa senang yang muncul menjadikan kesehatan jiwa sobat lebih baik.

5. Menyehatkan Isi Rekening

Menurut saya poin ini adalah poin utama bagi setiap blogger, apalagi blogger pemula. Saya sendiri tidak dapat memungkirinya, karena dulu pun saya tertarik di dunia blogging karena mengetahui bahwa ngeblog bisa menghasilkan uang.

Memang benar kalau ngeblog itu bisa menghasilkan uang. Banyak contoh nyata kok, misalnya saja blog milik Mas Sugeng dengan jualan template blogspotnya, kemudian blog Mas Timon dengan adsense dan jasanya, dan masih banyak lagi.

Dengan begitu kesehatan isi rekening pun menjadi terjaga. Apabila kesehatan rekening terjaga, maka segala kebutuhan hidup sehari-haripun menjadi cukup. Pada akhirnya kesehatan jasmani bisa tercapai dengan tercukupinya makanan bergizi untuk tubuh.

6. Melatih Ngetik Cepat

Manfaat terakhir yang mungkin saya rasakan saat ditulisnya artikel ini adalah progres mengetik saya dari mulai ngeblog sampai saat ini menagalami peningkatan yang cukup tinggi.

Awalnya saya agak canggung mengetik di keyboard laptop atau komputer. Namun dengan seringnya saya mengetik artikel untuk konten blog saya, menjadikan saya hafal letak huruf. Sehingga kalaupun mati lampu, selagi laptop masih menyala saya bisa mengetik tanpa terlalu kesulitan.

Dengan kecepatan ngetik saya, maka program jasa ketik online yang saya buka menjadi berjalan lancar. Karena memang pengetikan menjadi cepat selesai, sehingga pelanggan pun senang, bahkan ada yang sampai berlangganan.

Penutup
Itulah manfaat yang saya rasakan setelah hampir satu tahun saya ngeblog. Namun yang paling saya rasakan dan membuat saya senang adalah saa ini saya mulai senang dengan menulis, padahal sebelum-sebelumnya menulis adalah hal yang tidak menyenangkan untuk saya.

Pesan yang ingin saya sampaikan apabila artikel yang saya tulis ini dibaca oleh sobat yang baru memulai ngeblog atau baru mulai ngeblog dengan tujuan menghasilkan uang. Maka sejak dari sekarang lupakanlah dulu hal itu, karena menghasilkan uang melalui ngeblog itu tidaklah segampang membalikkan telapak tangan.

Butuh waktu yang cukup lama untuk bisa menghasilkan uang. Jangan sampai blog sobat kemudian diisi dengan artikel hasil copypaste karena tak sabar ingin segera memanen dolar. Padahal hal seperti itu malah merugikan diri sendiri dan orang lain.

Baik itulah mungkin yang dapat saya sampaikan pada artikel saya kali ini. Bagi sobat yang tidak mau ketinggalan postingan terbaru saya, silahkan isi form berlangganan dibawah dengan menyertakan email. Berlanggnan artikel saya ini gratis tanpa pungutan biaya apapun ya.

Semoga bermanfaat.

Terimakasih atas kunjungannya.
Tomi Nurhidayat

Data Science dan Machine Learning Enthusiast | SEO Enthusiast.

Previous Post Next Post