Cara Mendapatkan Uang Dari Blog

Ngeblog Bisa Menghasilkan Uang

Pada postingan kali ini saya akan membahas sedikit pengetahuan saya dalam dunia blogging mengenai cara mendapatkan uang dari internet melalui blog. Artikel ini terinspirasi dari pengalaman pribadi mengenai alasan saya terjun ke dunia blog.

Siapa sih yang tidak mau uang ?

Bahkan anak kecil pun sekarang sudah mengetahui nominal uang dan kegunaannya. Apalagi usia remaja hingga dewasa, pasti berkeinginan untuk mendapatkan uang sendiri telah dimiliki siapapun, karena akan muncul rasa malu jika harus selalu minta ke orangtua.

Bagitupun dengan pemikiran saya sewaktu masih kelas 11 Aliyah yang menginginkan sekolah sambil bekerja sampingan untuk menghasilkan uang sendiri. Namun apalah daya, seorang pelajar sangatlah sulit untuk bisa membagi waktu untuk bekerja.

Kemudian saya pernah iseng search di google mengenai pekerjaan yang cocok untuk pelajar. Ditemukanlah salah satunya adalah ngeblog. Sebuah cara untuk menghasilkan uang yang bisa dibilang tanpa modal besar, hanya butuh keahlian menulis, smartphone, dan kuota internet.

Bagi sobat yang ingin memulai membuat blog, bisa membaca artikel saya yang satu ini tentang Cara Membuat Blog Dari Nol Sampai Mahir

Bukannya ngeblog harus punya pc mas?

Tidakk !! ngeblog sebenarnya tidak harus mempunyai pc, karena ngeblog dengan menggunakan hp pun bisa dilakukan apalagi tampilan dashboard blogger yang saat ini telah diperbaharui menjadi lebih mobile friendly sehingga lebih memudahkan penulis untuk update artikel melalui smartphone/hp.

Kalaupun sobat tidak mempunyai hp, tapi punya keinginan kuat dan tekad yang bulat untuk terjun ke dunia blogging, maka sobat bisa menggunakan warnet untuk memulai ngepost artikel. Selalu ada jalan bagi sobat yang punya tekad yang kuat.

Bagi sobat yang belum pernah sama sekali mengenal dunia blogging mungkin bertanya-tanya hal yang pernah saya tanyakan juga dulu, yaitu pertanyaan berikut
Darimana seorang blogger bisa mendapatkan penghasilan ?
Jawabannya tergantung pemilik blog, mau mendapatkan uang dengan cara apa dan bagaimana. Namun kebanyakan blog-blog yang ada di search engine google saat ini, para blogger mendapatkan uang dari penayangan iklan. Namun tidak semuanya berasal dari penayangan iklan juga.

Nah sekarang saya akan bercerita mengenai pengalaman pribadi mendapatkan uang dari ngeblog

1. Jasa Ketik Online

Cara pertama saya menghasilkan uang dari internet khususnya blog adalah dengan membuat Jasa Ketik Online yang saya promosikan di blog lainnya. Dalam blog tersebut saya menuliskan beberapa jasa ketik yang ditawarkan beserta kisaran harganya.

Awalnya saya mengelola Jasa Ketik Online di Fans Page facebook saja, tapi dengan adanya blog yang saya kelola akhirnya saya mencoba untuk mempromosikan juga di blog agar setiap pengunjung blog bisa mengetahuinya.

Namun baru-baru ini saya mempunyai beberapa kesibukan, akhirnya promosi di blognya menjadi kurang. Karena saya memutuskan untuk mengelola satu blog ini saja dengan fokus, dan Jasa Ketik Online saya berlanjut dengan promosi di facebook dan instagram.

Alhamdulillah dari jasa inilah saya mendapatkan penghasilan sampai sekarang, walaupun masih sekedar untuk memenuhi keperluan pribadi saja. Tapi terdapat kebanggaan yang luar biasa ketika saya bisa menikmati uang hasil jerih payah sendiri.

2. Google AdSense

Google AdSense merupakan cara yang paling sering dilakukan oleh setiap blogger dimanapun berada untuk mendapatkan uang melalui internet. Dengan menjadi penayang iklan dari AdSense inilah saya juga mendapatkan penghasilan.

Dengan beberapa kali penolakan AdSense terhadap blog satunya, saya mulai mempelajari apa yang salah dan memperbaikinya pada blog ini. Setelah dirasa cukup pantas di daftarkan, pada umur ke tiga bulan kemudian saya daftarkan Blog Mas Tom ini ke AdSense, dan akhirnya berhasil diterima.

Walaupun saya masih belum pernah menikmati penghasilan dari AdSense, karena harus mencapai pendapatan minimum $100 untuk bisa dicairkan.

3. Nulis Di Blog Orang Lain

Selain dua cara diatas yang saya lakukan untuk mendapatkan uang dari blog adalah dengan menjadi penulis blog orang lain yang dibayar tentunya.

Apa hubungannya dengan ngeblog mas?

Tentu ada, dengan pengetahuan saya mengenai menulis artikel blog yang biasa dilakukan untuk blog sendiri, saya bisa dengan mudah diterima sebagai penulis blog orang untuk mendapatkan uang dari hasil menulis tersebut.

Namun kali ini saya hendak berfokus pada blog ini mungpung masih ada waktu luang untuk ngisi artikel, hehe.

Selain apa yang pernah saya alami diatas, sobat bisa juga melakukan beberapa cara lain untuk bisa mendapatkan uang  dari ngeblog sobat seperti

1. Mengukuti Program JV AdSense

Jika sobat memiliki blog dan telah memiliki banyak pengunjung, tapi belum berkesempatan untuk menjadi penayang AdSense, tidak ada salahnya mengikuti program kerjasama/JV AdSense di beberapa blogger.

Namun untuk mengikuti program JV AdSense ini biasanya harus memenuhi kriteria yang ditetapkan penyedia program. Kriteria nomor satu biasanya blog harus memiliki pengunjung perhari sekitar 1000 lebih.

2. Mengikuti Program Afiliasi

Cara lain untuk mendapatkan uang dari internet khususnya blog bisa sobat lakukan dengan mengikuti program Afiliasi dengan beberapa website. Afiliasi ini dilakukan dengan cara mempromosikan penjualan barang milik seseorang atau perusahaan dengan menanamkan link atau banner dalam blog.

Berbeda dengan iklan AdSense, iklan afiliasi lebih mudah untuk didapatkan, cukup dengan registrasi di website resminya maka sobat bisa langsung mendapatkan banner iklan dan tinggal memasangnya di blog.

Banyak sekali program afiliasi yang bisa sobat ikuti, diantaranya dengan penyedia web hosting, toko online seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia dll, atau bisa juga berafiliasi dengan Blog Mas Sugeng namun sobat harus pernah membeli template blogger premium dari Mas Sugeng untuk bisa berafiliasi.

3. Berjualan

Selain untuk menulis, blog juga bisa digunakan untuk berjualan online untuk mendapatkan uang. Dengan memiliki blog sendiri, calon pembeli dapat mengetahui toko sobat secara online. Sehingga jangkauan pembelinya menjadi lebih jauh lagi dan dapat menghasilkan keuntungan yang lebih.

4. Menawarkan Jasa yang Sobat Kuasai

Sedikit ada hubungannya dengan berjualan, tapi dalam hal ini sobat bisa menggunakan blog untuk menawarkan jasa yang sobat kuasai. Seperti halnya saya, karena punya sedikit keterampilan dalam mengetik, maka saya menawarkan Jasa Ketik.

Jika sobat punya keahlian dalam hal web desain, web development, desain grafis dan sebagainya, sobat bisa mencoba untuk menawarkan jasa juga melalui blog yang di kelola agar dapat menghasilkan uang tambahan melalui internet.

Kesimpulan

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang dari blog, dan apa yang disampaikan pada artikel kali ini hanya sebagian kecilnya yang baru saya coba.

Saya yakin masih banyak cara lain untuk bisa menghasilkan uang dai blog, tapi intinya apapun yang sedang sobat lakukan maka kuncinya adalah fokus pada tujuan sobat.

Mungkin itu yang bisa saya tuliskan dalam postingan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Terimakasih atas kunjungannya.
Tomi Nurhidayat

Data Science dan Machine Learning Enthusiast | SEO Enthusiast.

Previous Post Next Post