Cara Menulis Artikel Di Blog Dengan Baik Dan Keren

Cara Menulis Artikel Di Blog Dengan Baik Dan Keren
Blog Mas Tom

Melanjutkan series artikel sebelumnya mengenai membuat blog dari nol sampai mahir. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara menulis artikel di blog.

Artikel merupakan inti dari sebuah blog, sehingga sangat penting bagi seorang blogger agar bisa menulis artikel yang baik dan menarik.

Saya yakin sobat pasti pernah belajar membuat karya tulis sejak dari sekolah dasar. Tapi yang perlu sobat ketahui bahwa ternyata menulis di blog itu agak berbeda loh dengan yang guru-guru di sekolah ajarkan.

Sobat mungkin pernah diajarkan kalau sebuah artikel itu terdiri dari beberapa paragraf. Dari tiap paragrafnya harus terdiri dari empat atau lebih kalimat.

Bukankah begitu ?

Jika benar, maka kita telah belajar dengan guru yang sama saat bersekolah, hehe.

Jika sobat hendak memulai membuat tulisan di blog, baik itu berupa artikel opini, berita dsb. Maka saran saya jangan ikuti apa yang guru-guru di sekolah ajarkan mengenai jumlah kalimat salam satu paragraf.

Namun bukan berarti apa yang diajarkan salah ya, hanya saja kurang cocok apabila diterapkan di blog.

Lalu bagaimana menulis artikel yang baik ?

Agar bisa menulis artikel yang baik di blog dan menarik untuk dibaca oleh orang lain, terdapat beberapa cara dan tips yang biasa saya lakukan dalam menulis di blog ini. Silahkan sobat baca tulisan ini sampai akhir ya.

1. Tentukan Topik

Untuk menulis sebuah artikel, maka sobat sangat diharuskan untuk menentukan topik dulu tentunya. Karena penentuan topik ini berkaitan dengan ide saat menulis nantinya, kalau topik yang akan ditulis belum jelas maka akan sulit bagi sobat mengembangkan tulisan.

Dalam menentukan topik, sebaiknya sobat harus benar-benar menguasainya atau setidaknya sobat paham dengan topik yang akan di tuliskan dalam artikel blog. Dengan begitu sobat akan sangat mudah sekali ketika menulis.

2. Gunakan Bahasa yang Friendly

Bahasa merupakan alat yang digunakan manusia untuk berkomunikasi satu dengan yang lain. Sehingga untuk membuat artikel blog penggunaan bahasa yang mudah dipahami pembaca dan enak untuk dibaca sangat diperlukan bahkan diharuskan.

Bahasa yang digunakan tidak harus selalu menggunakan bahasa formal ya. Karena menulis di blog dengan bahasa baku secara keseluruhan akan membuat kaku pada tulisan sobat. Padahal blog itu sendiri diinginkan pembaca isinya berupa tulisan ringan yang tidak membosankan

Saya sendiri dalam membuat artikel untuk blog ini biasa menggunakan bahasa berbicara sehari-hari atau saya menyebutnya bahasa friendly. Bahasa friendly sangat diperlukan dalam menulis blog agar pembaca terkesan tidak digurui, sehingga mereka suka dengan tulisan kita.

Baca juga : Cara Supaya Artikel Mudah Terindex Google

Misal bahasa friendly untuk menyapa pembaca bisa gunakan "sobat, agan, dll".

3. Jangan Terlalu Banyak Kalimat Dalam Satu Paragraf

Poin ini telah saya singgung di awal. Alasannya karena pembaca akan mengalami bosan dan sulit konsentrasi saat membaca di layar HP atau PC kalau satu paragraf terlalu banyak kalimat.

Banyak kalimat yang bagus untuk artikel blog menurut saya adalah maksimal tiga kalimat. Kalau dalam notepad, microsoft word, dan area tulis blog kurang lebih tiga baris cukup.

4. Gunakan Gambar atau Video Pendukung

Untuk mendukung artikel blog yang sobat tuliskan, maka saya menyarankan untuk menambahkan gambar atau video pendukung. Ini berguna dalam hal SEO (Search Engine Optimation).

Namun menurut pendapat saya gambar juga akan sangat berguna untuk mendatangkan visitor ketika pembaca melakukan pencarian gambar. Biasanya gambar yang muncul akan mendirect ke artikel yang sobat tuliskan.

5. Gunakan Subheading

Apabila tulisan sobat terdapat beberapa poin atau sub judul dari judul utama. Maka gunakanlah subheading, supaya pembaca mengerti yang sobat maksud adalah sub dari judul utama.

6. Gunakan Number/Bullet List

Number list dan bullet list mungkin diperlukan ketika sobat menyebutkan susunan tertentu, yang saya maksud seperti ini,

  1. Ini contoh number list


  • Ini contoh bullet list

7. Gunakan Bold, Italic dll

Penggunaan bold sebenarnya ada hubungan dengan subheading. Saya biasa menggunakan bold pada bagian subheading untuk lebih memperjelas. Fungsi selain diterapkan di subheading, bold juga bisa digunakan untuk penegasan kata, atau kalimat.

Sama halnya dengan bold, italic juga berfungsi untuk menandai beberapa kata. Namun saya biasa menggunakannya sebagai penanda untuk istilah kata, sumber tulisan, dsb.

Penutup
Menulis artikel di blog itu memang tidak sesulit yang dibayangkan. Hanya saja yang membuat sulit saat menulis itu diakibatkan oleh tidak terbiasanya menulis sendiri. Jadi mulai saat ini, bagi sobat yang memulai ngeblog biasakanlah untuk menulis sendiri, hindari Copy Paste.

Dengan sobat menulis sendiri artikel untuk blog, maka secara tidak langsung sobat akan merasakan manfaat dari ngeblog.

Itulah beberapa hal yang bisa sobat lakukan untuk menulis artikel di blog yang baik dan menarik untuk dibaca. Secara sepintas memang seperti yang sepele. Namun itu sangat bermanfaat untuk artikel sobat kedepan, agar para pembaca senang dengan artikel sobat.

Namun itu hanyalah pengalaman yang saya lakukan, dan saya juga masih terus belajar untuk membuat tulisan yang baik. Apabila sobat mempunyai pengalaman lain, boleh tuliskan di kolom komentar untuk menambahkannya.

Mungkin itu saja yang bisa saya tulis dalam artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk sobat semua. Bagi sobat yang tidak mau ketinggalan update artikel terbaru blog mas tom silahkan berlangganan melalui email secara gratis, bisa isi kolom berlangganan dibawah.

Terimakasih atas kunjungannya.
Tomi Nurhidayat

Data Science dan Machine Learning Enthusiast | SEO Enthusiast.

Previous Post Next Post