Ngeblog Tentang Blog Bagus Gak Sih?

Ngeblog Tentang Blog Bagus Gak Sih?


Ngeblog merupakan bukan hal yang asing lagi di telinga orang Indonesia, terutama bagi mereka yang mencari cara untuk menghasilkan uang tanpa harus bekerja diluar rumah. Pada dasarnya ngeblog itu adalah menulis apa yang bisa ditulis oleh diri pribadi, agar dapat dibaca oleh orang lain tanpa harus diterbitkan oleh penerbit.

Dalam ngeblog justru sobat sendirilah yang akan menerbitkan, menulis, dan mengedit artikel atau tulisan yang kemudian dipublikasi lewat platform seperti contohnya blogger. Seperti yang telah saya sampaikan, bahwa ngeblog itu sebenarnya menulis apa yang terdapat dalam pikiran sobat, baik itu artikel, cerita fiksi, non-fiksi, puisi, pelajaran sekolah dll.

Namun kebanyakan blog yang ada di search engine google ternyata isi kontennya itu mengenai ngeblog itu sendiri. Tidak salah memang, karena pengetahuan tentang ngeblog yang telah diketahui kemudian merasa telah menjadi suatu kebiasaan sehingga ingin berbagi pengalaman tentang dunia blog itu sah-sah saja.

Namun secara logika, jika semua blogger membuat konten blog tentang blog maka timbul pertanyaan besar,

Siapa yang akan menjadi pembacanya ?

Inilah masalahnya, kebanyakan para blogger pemula yang hendak memulai ngeblog, karena tergiur dengan pendapatan blogger-blogger berpengalaman yang menghasilkan ratusan dollar dalam satu bulan.

Ketika di telusuri blogger pengalaman tersebut ternyata membahas tentang artikel-artikel cara ngeblog. Kemudian timbullah mindset blogger pemula untuk sekedar ikut-ikutan ngeblog tentang blog, tanpa punya pengetahuan ngeblog itu sendiri.

Aneh bukan?

Nah dalam artikel saya kali ini, saya akan membahas sedikit penilaian saya mengenai ngeblog tentang blog bagus gak sih?

Bagi saya pribadi, ada beberapa keuntungan dan kekurangan dalam membuat blog tentang blog. Namun pada kesempatan ini saya hanya akan membahas mengenai keuntungannya saja, mungkin di lain waktu akan saya bahas kekurangan-kekurangannya.

Adapun keuntungan-keuntungan yang dapat diperoleh sobat semua jika ngeblog tentang blog itu sebenarnya banyak sekali, diantaranya yaitu

1. Mendatangkan Banyak Pengunjung

Keuntungan pertama bagi sobat yang memulai ngeblog tentang blog itu adalah mendatangkan banyak pengunjung. Karena artikel tentang blogging akan sangat dicari, mengingat jumlah blogger-blogger pemula yang mulai tertarik dalam dunia blog semakin banyak.

Menurut data terdapat sekitar 1.518.207.413 pengguna website per bulan Januari 2019, dan jumlah itu akan terus meningkat dalam waktu ke waktu selanjutnya. Sehingga tidak salah jika ngeblog tentang blog akan mudah mendapatkan banyak pengunjung.

2. Mudah untuk Menentukan Artikel yang Hendak Diterbitkan

Kemudian keuntungan yang kedua adalah kemudahan dalam menentukan artikel yang hendak di terbitkan.

Kenapa ?

Karena ngeblog tentang blog itu pada dasarnya menceritakan apa yang pernah dirasakan sendiri ketika mulai ngeblog, suka dukanya, dll. Sehingga untuk menentukan artikel yang hendak di terbitkan menjadi lebih mudah.

Misal yang sesuai dengan pengalaman saya ketika menerbitkan artikel tentang alasan saya kembali ke subdomain blogspot padahal sebelumnya sudah mengcustom ke domain TLD. Dengan pengalaman yang didapatkan ketika memutuskan untuk pindah itu saya bisa menceritakan dengan nyaman dari awal sampai akhir tanpa menjiplak dari postingan orang lain alias copy paste.

Maka, tepatlah dikatakan bahwa ngeblog tentang blog itu menguntungkan dalam menentukan artikel yang hendak diterbitkan.

3. Bisa Menambah Wawasan Tentang Dunia Blogging

Selain bisa menerbitkan artikel ke blog, maka keuntungan berikutnya adalah bisa menambah wawasan sobat tentang dunia blog. Mulai dari pengeditan HTML, cara menampilkan widget, menyeting tampilan dan yang lainnya.

Kenapa begitu?

Karena untuk sobat bisa menuangkan pemikiran dalam artikel, sobat perlu pengetahuan yang benar-benar dikuasai agar ketika artikel telah diterbitkan kemudian ada komentar pertanyaan, sobat bisa dengan mudahnya menjawab pertanyaan-pertanyaan pengunjung. Sehingga pengunjung akan menjadi lebih senang untuk mengunjungi blog sobat kembali.

Contoh blog yang ramah terhadap pengunjung yang menjadi inspirasi saya ngeblog adalah blog milik Mas Sugeng yang nama blognya adalah Mas Sugeng Blog. Dari atikelnya pula saya dapat pengetahuan yang luas tentang ngeblog, bahkan saking senangnya saya dengan keramahan Mas Sugeng saya pernah langsung menghubunginya untuk sekedar diskusi menambah wawasan tentang dunia blogging.

4. Tidak Perlu Update Artikel Tiap Tahun

Salah satu keuntungan paling menguntungkan dalam ngeblog tentang blog adalah tidak perlu update artikel tiap tahunnya. Maksud update disini adalah mempublikasikan artikel, jadi jika sobat memulai ngeblog tentang blog cukup mempublikasikan artikel satu kali tiap judulnya.

Sehingga tidak perlu update-update lagi seperti halnya blog tentang berita yang mengharuskan update tiap harinya.

Kenapa begitu?

Karena artikel tentang blog itu tidak mengalami kadaluarsa, misal artikel berita seputar olahraga, maka sejak di publikasi sampai satu bulan saja sudah kadaluarsa. Berbeda dengan artikel tentang blog, walaupun artikel dibuat 3 atau 5 tahun yang lalu, tetap bisa bermanfaat bagi pengunjungnya dan mungkin masih bisa dijadikan sebagai bahan belajar bagi blogger-blogger pemula yang hendak memulai ngeblog.

Inilah yang kemudian saya sebut sebagai artikel seumur hidup yang cocok banget untuk blogger seperti saya yang males untuk membuat postingan, hehe.

Kesimpulan
Dari artikel yang telah saya tulis ini, maka dapat disimpulkan bahwa ngeblog tentang blog itu cukup bagus bagi blogger-blogger yang males update artikel. Namun tentu saja harus siap untuk bersaing dengan blogger-blogger lainnya, karena tidak sedikit yang berfikiran sama mengenai poin update artikel.

Sehingga kalau menurut saya pribadi, artikel yang orisinil dibuat sendiri tanpa mengcopy paste dari artikel milik orang lain akan mengalami kesuksesan dalam meningkatkan jumlah pengunjung, karena artikel uniqe akan disenangi mesin pencarian google. Jadi, bagi sobat yang hendak memulai membuat blog tentang blog, jangan sekali-kali mengcopy paste artikel orang lain kalau ingin sukses dalam ngeblognya.

Mungkin itu yang dapat saya tulis pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.

Terimakasih atas kunjungannya.
Tomi Nurhidayat

Data Science dan Machine Learning Enthusiast | SEO Enthusiast.

Previous Post Next Post