Keuntungan Menggunakan Subdomain Blogspot yang Jarang Disadari

Keuntungan Menggunakan Subdomain Blogspot yang Jarang Disadari


Bagi sobat semua para blogger pemula ataupun blogger berpengalaman di dunia blogging pasti sudah mengetahui apa itu subdomain blogspot. Bagi para blogger pemula mungkin mengetahui blogspot dari guru, dosen, atau pernah membaca sendiri saat melakukan pencarian di mesin penelusuran google.

Nah dalam kesempatan yang baik ini, karena saya sedang dalam masa rehat tugas dari kesibukan kuliah. Saya hendak berbagi pengalaman megenai keuntungan seorang blogger menggunakan subdomain bawaan yaitu blogspot. Sebelumnya saya juga telah mempublikasikan artikel terkait dengan judul postingan kali ini yaitu tentang alasan saya kembali ke subdomain blogspot bisa sobat baca juga disini.

Dalam dunia pendidikan yang berkaitan dengan pengerjaan karya tulis ilmiah mungkin sobat pernah di beritahu oleh guru atau dosennya kalau hendak mencari referensi penulisan artikel ilmiah jangan pernah menggunakan kutipan dari blogspot.

Alasan utamanya karena blogspot sangat kecil persentasenya untuk bisa di percaya, karena kebanyakan blog yang bersubdomain blogspot isinya mengenai opini penulis, sehingga tidak layak untuk kutipan artikel ilmiah.

Selain itu, karena banyaknya pengguna blog dengan subdomain blogspot yang melakukan tindakan curang dalam penerbitan artikel untuk mengisi konten blognya. Baik itu konten hasil copy paste, konten yang tidak mendatangkan manfaat dan sebagainya. Oleh karena itu anggapan orang terhadap blog subdomain blogspot amat kurang baik.

Namun perlu sobat ketahui bahwa kunci sukses ngeblog itu bukanlah dari domain atau subdomain yang digunakan. Melainkan isi dari kontennya itu sendiri,

Maksudnya gimana mas?

Jadi seperti ini pendapat dari saya pribadi mengenai domain. Seberapa mahalnyapun domain yang sobat gunakan untuk proses blogging sobat, kalau isi kontennya hasil dari copy paste dari blog orang lain, tentu penilaian mesin pencari google terhadap blog sobat akan tetap rendah.

Logikanya seperti ini, seorang yang terpandang apabila ketahuan mencuri tentu penilaian orang terhadap orang terpandang itu akan menjadi jelek, seberapapun terpandangnya orang tersebut.

Nah begitupun dengan google, setelah ketahuan blog sobat hasil dari copy paste dari blog orang lain maka google tidak akan segan untuk menghapus blog sobat tersebut walaupun domain yang sobat gunakan merupakan domain termahal. Karena algoritma google itu sangat jeli dalam hal penilain blog-blog yang masuk mesin penelusuran google.

Sebaliknya, walaupun blog sobat menggunakan subdomain blogspot, selama artikel sobat bermanfaat dan bukan hasil copy paste dari blog orang lain maka akan disukai oleh mesin telusur. Berikut beberapa ulasan mengenai keuntungan sobat menggunakan subdomain blogspot,

1. Gratis, Alias Free

Alasan paling mendasar dari sebuah keuntungan di era yang serba berbayar ini tentunya adalah gratisan. Yah tepat sekali bahwa keuntungan pertama yang bisa sobat dapatkan dari subdomain blogspot adalah gratis.

Kenapa kok gratis mas?

Karena blogspot ini merupakan salah satu platform milik google, dan untuk memudahkan penggunanya google memberikan subdomain secara cuma-cuma untuk blogger pemula yang hendak terjun di dunia blog.

Selain itu, google juga memberikan pilihan template standar yang sangat kece dan tentunya responsif. Responsif artinya blog dapat di akses dengan baik, baik itu di mobile, tablet atau pc, ini pula yang menjadi syarat blog yang dapat di terima Google AdSense.

2. Tampilan Dasboard yang Sederhana

Bagi blogger yang sudah berpengalaman mungkin sudah mengetahui dan menyadari akan hal ini. Sehingga ketika ditanya oleh seorang blogger pemula mengenai saran platform yang digunakan pasti mereka dengan yakinnya akan menyarankan untuk menggunakan blogspot. Karena menyangkut poin pertama, yaitu gratis

Apa hubungannya mas?

Jelas ada, ingat sob ngeblog itu bukan perkara yang mudah lho, memang iya terlihat mudah tapi sesungguhnya yang tersulit itu adalah kerutinan dalam memposting artikel. Hubungannya adalah ketika sobat berada dalam titik kemalasan yang tinggi dalam membuat artikel, jika sobat menggunakan blogspot sobat tidak akan terbebani dengan harus membayar domain, padahal blog tidak terurus sama sekali.

Lalu kenapa tampilan dasboard yang sederhana jadi keuntungan?

Untuk blogger pemula tentu sangat menguntungkan, dengan kesederhanaannya seorang blogger pemula tidak akan terlalu kebingungan walaupun baru saja mengenal dasboardnya. Pengalaman saya dulu pertama kali mulai ngeblog tidak sampai harus mencari tutorial menggunakan dasboard blogger.com, terkecuali dalam mengedit-edit kode HTML, itu memang membutuhkan sedikit pengetahuan mengenai HTML.

3. Bisa Page One

Taukah sobat bahwa blog ini sebelum saya mengcustom ke domain TLD yang pada akhirnya dicopot kembali pernah menduduki di rangking 2 pada beberapa artikel dalam beberapa minggu. Bahkan hampir semua artikel dalam blog ini berada di rangking tidak lebih dari 20 di halaman pertama pencarian.

Artinya, subdomain blogspot juga punya kesempatan yang sama untuk berada di page one mesin pencarian google selama konten dalam blognya itu ada manfaat. Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk sobat menggunakan subdomain bawaan blogger ini.

4. Bisa di Monetisasi dan Tergolong Mudah Daftar AdSense

Banyak sekali saya menemukan pertanyaan-pertnyaan mendasar mengenai
apakah bisa memonetisasi blogspot?
Ini merupakan pertanyaan yang mendasar yang mengindikasikan bahwa penanya merupakan seorang blogger pemula.

Kenapa?

Karena jika seorang blogger berpengalaman jelas mereka sudah tau bahwa subdomain blogspot itu bisa di monetisasi atau dibuat menghasilkan uang. Pada dasarnya setiap blog itu punya kesempatan untuk dimonetisasi, selama blognya memenuhi kriteria yang ditentukan pihak pemonetisasi. Banyak sekali cara untuk memonetisasi blog, diantaranya bisa dengan memasang Google AdSense, Adnow, AdCash, Adsterra, dan lain-lain.

Lalu apa keuntungan blogspot dalam hal ini?

Berbicara keuntungan menggunakan blogspot dalam hal monetisasi adalah mudah untuk diterima, dengan catatan blog sobat memenuhi kriteria standarnya. Pengalaman saya sendiri dengan blog ini adalah ketika blog di ajukan untuk mendaftar AdSense hanya dalam umur blog 3 bulan dengan artikel sebanyak 20 artikel orsinil tanpa mengalami penolakan blog langsung diterima AdSense dan resmi menayangkan iklan sampai sekarang.

Jika dibandingkan dengan ketika saya mengcustom domain ke TLD, sangatlah jauh berbeda. Ketika saya menggunakan domain TLD frekuensi penolakan sangat tinggi sekali, selengkapnya bisa di baca di artikel saya sebelumnya tentang alasan saya kembali ke blogspot.

Jadi, janganlah gengsi dengan subdomain blogspot sobat, selama postingan artikelnya yang orsinil dan berkualitas, sobat tetap punya kesempatan untuk memonetisasi blog sobat sehingga dapat menghasilkan uang dari hasil ngeblognya.

Kesimpulan
Setelah saya panjang lebar menulis artikel tentang Keuntungan Mengunakan Subdomain Blogspot ini dapat saya tarik kesimpulan bahwa selain adanya kekurangan dalam hal kurang dipercaya oleh orang. Subdomain blogspot mempunyai banyak keuntungan, adapun yang dapat saya tuliskan pada kesempatan ini mungkin tergolong sedikit karena itulah yang pernah saya alami sendiri dalam ngeblog.

Tapi saya yakin masih terdapat segudang keuntungan lainnya yang masih belum saya alami. Bagi sobat yang punya pengalaman tentang keuntungan menggunakan blogspot yang belum tercatat dalam artikel ini, bisa sobat bagi pengalamannya di kolom komentar dibawah

Terimakasih atas kunjungnnya.
Tomi Nurhidayat

Data Science dan Machine Learning Enthusiast | SEO Enthusiast.

Previous Post Next Post