Kesalahan Fatal Bagi Blogger Pemula

Kesalahan Fatal Bagi Blogger Pemula
Blog Mas Tom


Menjadi seorang blogger memang tidaklah sulit, tapi bukan berati mudah. Ini terbukti dengan banyaknya kesalahan fatal yang dilakukan seorang blogger pemula yang baru terjun ke dunia blogging. Untuk menerbitkan artikel di google memang semudah membalikan telapak tangan.

Kok bisa?

Tentu bisa, kalian hanya perlu membuat blog dengan akun google. Kebetulan saya telah menerbitkan artikel mengenai series membuat blog dari nol sampai mahir. Bagi sobat yang belum memiliki blog bisa membaca artikel tersebut.

Berarti ngeblog mudah ya mas ?

Eitsss tunggu dulu, sebelum berfikir kesana perlu diketahui bahwa ada sekitar 1.528.207.413 pemilik website atau blog pada bulan Januari 2019 dan saya yakin sekarang sudah bertambah lagi.

Artinya apa?

Artinya kalau blog sobat ingin dibaca orang lain di google, maka blog harus bisa bersaing dengan blog-blog yang lain diluar sana. Namun ada cara keren loh supaya blog bisa bersaing di mesin telusur, yaitu dengan terindeksnya oleh google.

Supaya bisa terindeks, maka sobat harus mendaftarkan dulu ke google webmaster. Lebih jelas bisa sobat baca artikel saya tentang cara mudah terindex google.

Kembali lagi ke topik artikel kali ini mengenai kesalahan blogger pemula.

Kenapa blogger pemula salah ?

Karena hampir setiap blogger pemula pasti pernah mengalami kesalahan yang sama pada kasus yang sama juga. Dalam artikel ini saya akan berbagi mengenai kesalahan yang biasa dilakukan termasuk oleh saya sendiri,hehe.

Silahkan baca postingan ini sampai selesai ya.

1. Selalu Ganti Template

Poin ini saya tulis di poin pertama, karena ganti-ganti template seperti telah mendarah daging untuk blogger pemula. Ini terjadi pula pada saya, saat awal-awal membuat blog.

Taukah frekuensi saya mengganti template dalam seminggu ?

Mungkin kalian akan mengira hanya 1 atau 2 kali, tapi perlu sobat ketahui saat awal ngeblog berganti-ganti template merupakan kebiasaan saya. Sehingga sampai 3 bahkan 4 kali saya mengganti template dalam seminggu.

Terbayangkan semangat saya ngeblog ? hehe.

Iya, semuanya karena saya semangat ngeblog. Sehingga berkeinginan membuat tampilan blog yang powerfull, dan menarik pengunjung dengan tampilan yang berbeda-beda.

Namun faktanya, dengan ganti-ganti template ternyata saya malah fokus mengedit navigasi, tarik ulur widget, dsb. Satu bulan lewat ternyata artikel yang di terbitkan hanya 3 artikel tanpa pengunjung organik.

Miris bangetkan ? hehe.

Dari situlah saya mulai berhenti ganti-ganti template yang tidak membantu memperbanyak pengunjung apalagi dikategorikan profesional, sangat jauh sekali dari harapan.

2. Banyak Artikel Terbit Tanpa Kualitas

Sering saya membaca di grup blogger ada yang mengatakan terbit artikel yang bagus itu minimal sehari satu kali. Sehingga para blogger pemula memaksakan untuk menulis sehari satu artikel walaupun tidak mengerti apa yang dituliskan.

Pada akhirnya mereka kehilangan ide lagi untuk menulis, dan mencari jalan pintas dengan copy paste artikel orang lain. Bagi saya ini sangat menjijikan, karena sepemula-pemulanya saya tidak pernah melakukan copas di blog yang saya kelola sampai saat ini.

Bukankah bagus blog banyak artikelnya ?

Memang benar, blog yang banyak artikel terpublikasinya sangat bagus, tapi ada catatan yaitu tulisannya itu berkualitas.

Tulisan berkualitas dibagi dua, yaitu berkualitas dalam mesin telusur dan berkualitas untuk pembaca. Baca artikel saya tentang cara menulis artikel yang baik.

Saya sudah terlanjur mas ?

Kalau memang sobat telah terlanjur melakukan itu, saran saya sih segera hapus saja artikel hasil copas tersebut. Karena lambat laun google akan mengetahuinya dan berdampak pada penghapusan blog. Mulai sekarang hindari copas ya!

3. Minim Optimalisasi Judul Artikel

Judul artikel merupakan bagian terpenting sebuah artikel, karena dengan judul pembaca bisa mengetahui gambaran singkat isi artikel. Dengan menggunakan judul menarik, tentu akan menarik pembaca untuk menelusuri isi dari artikel.

Namun para blogger pemula tidak mengetahui tentang hal ini. Kebanyakan dari mereka membuat judul terkesan kaku dan asal-asalan.

Padahal orang-orang diluar sana, yang sedang mencari info mengenai topik terkait, mereka lebih cenderung tertarik pada hal yang tidak biasa. Jadi, buatlah judul semenarik mungkin tapi tetap masuk akal.

4. Tidak Menambahkan Deskripsi

Deskripsi terdiri dari dua macam, yaitu deskripsi blog, dan deskripsi artikel. Biasanya berguna sebagai cuplikan di hasil mesin pencarian.

Apa perbedaan keduanya ?

Deskripsi blog merupakan gambaran singkat niche blog sobat, sedangkan deskripsi artikel merupakan gambaran singkat tentang isi artikel dalam beberapa kalimat dengan kata kunci tertentu.

Manfaat deskripsi blog dan artikel yang muncul di halaman mesin pencarian selain mempermudah artikel cepat terindex, juga menjadi pembanding artikel sobat dengan artikel orang lain dengan topik yang sama.

5. Minim Riset Keyword

Pada awalnya seorang blogger pemula tidak akan peduli dengan riset keyword (kata kunci), karena dalam pikirannya hanya ada mindset memperbanyak postingan. Ini terjadi pada saya juga dalam membuat artikel di awal ngeblog.

Namun ada pula yang sudah memulai mencari tahu apa itu kata kunci, tapi saya yakin blogger pemula akan mengalami kesulitan memahami bagaimana cara memasang kata kunci dalam artikel.

Kata kunci adalah beberapa kata yang menjadi inti dalam artikel. Dalam meriset keyword dulu saya belajar dari blog Mas Sugeng tentang cara riset keyword.

6. Bolak-balik Nengokin Dashboard Statistik

Inilah poin yang paling sering terjadi, dan menurut saya sendiri ini paling lucu dari seorang blogger pemula. Iya bolak-balik nengokin statistik di dashboard blog. Saya pun pernah menjadi korban serupa, hehe.

Alasan bolak-balik nengokin statistik tak lain karena ingin mengetahui pengunjung blog. Bahkan saking penasaran, para blogger pemula akan merefresh halaman ini mungkin sampai 1 menit sekali.

Padahal dengan merefresh statistik di dashboard, pengunjung tidak akan pernah datang kalau blog sobat tidak terindex google.

7. Pengen Cepat Menghasilkan Uang

Ini adalah poin kesalahan yang paling fatal dilakukan seorang blogger pemula. Iya, mereka menginginkan cepat menghasilkan uang dari proses ngeblognya. Banyak blogger-blogger yang mulai ngeblog dengan alasan mendapatkan uang, termasuk saya sih.

Pada dasarnya berfikir seperti itu tidaklah salah, selagi tidak berbuat curang, karena memang sifat manusia yang selalu berharap untung besar dengan modal minim.

Tapi letak kesalahan blogger pemula adalah mereka tidak tahu betapa susahnya mendapatkan uang dari blog. Jangankan blog berusia seumur jagung yang pengunjungnya kurang dari 1000 visitor per hari.

Blog dengan visitor 4000 per hari aja masih banyak yang belum bisa menghasilkan uang sepeserpun.

Akhirnya blogger-blogger pemula itu memilih menyerah karena tidak sabar mendapatkan uang dari blog. Padahal mereka membuat blog dengan semangat tinggi di awal-awal.

Bagi sobat yang berniat ngeblog untuk mencari uang, mulai sekarang rubahlah cara berpikir tersebut dengan ngeblog memberi solusi kepada orang yang kebingungan. Sehingga sobat tidak akan kehabisan ide untuk terus membantu orang lain.

Kesimpulan
Setelah menulis panjang lebar, pada akhirnya saya berharap agar sobat para blogger pemula tidak lagi mengikuti kebiasaan yang salah dari para blogger seperti saya ini, hehe.

Mungkin itu yang dapat saya tuliskan dalam artikel kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat blogger pemula.

Terimakasih atas kunjungannya.
Tomi Nurhidayat

Data Science dan Machine Learning Enthusiast | SEO Enthusiast.

Previous Post Next Post