Domain Penting Gak Sih ?

Domain Penting Gak Sih ?


Hallo sobat blog, kembali lagi dengan saya di Blog Mas Tom. Setelah beberapa hari kebelakang saya menulis artikel tentang alasan saya kembali ke subdomain blogspot. Kali ini saya akan membahas mengenai seberapa penting memiliki domain sendiri.

Banyak sekali perdebatan diantara para blogger mengenai penting dan tidaknya sebuah domain blog atau website. Ada yang mengatakan bahwa domain itu penting agar pencarian di search engine google di peringkat pertama dan agar terlihat perfect. Ada pula yang mengatakan bahwa domain itu tidaklah penting, yang penting itu isi kontennya.

Dari dua pendapat diatas, saya setuju pada pendapat keduanya. Mengingat domain itu adalah sebagai alamat dari blog atau website sobat.

Lalu hubungannya apa ?

Sangat jelas sekali hubungannya, saya akan analogikan blog atau website sebagai rumah teman sobat. Apabila sobat hendak mengetahui letak rumah teman, maka untuk menemukannya sobat perlu mengetahui alamat rumahnya. Sehingga dengan bantuan google map atau sekedar bertanya ke warga, sobat bisa dengan mudah menemukan rumah teman sobat.

Begitupun dengan blog atau website, dengan sobat memiliki domain sendiri maka alamat website sobat akan menjadi mudah dikenali. Walaupun tanpa harus membeli domain sebenarnya bisa saja menggunakan subdomain dari blogspot atau wordpress.

Hanya saja alamat blog sobat akan terlalu panjang dan sulit untuk di ingat pengunjung. Misalnya blog yang sedang sobat baca ini dengan alamat sebagai berikut,

id-ayobelajar.blogspot.com

Bandingkan dengan alamat berikut

mastom.id , mastom.com , mastom.net dsb.

Mungkin sobat akan bisa menilainya sendiri, bahwa dengan menggunakan domain sendiri alamat blog menjadi lebih singkat dan mudah untuk di ingat bukan?

Apabila dilihat dari sudut pandang seseorang yang ingin mendapatkan uang dari ngeblog tanpa harus mengeluarkan banyak modal, mungkin domain tidaklah terlalu penting, yang terpenting adalah konten disukai pengunjung, search engine dan dapat diterima AdSense sebagai sumber pendapatan.

Baca juga : Ngeblog Bisa Menghasilkan Uang ?

Namun apabila dilihat dari sudut pandang yang berpikir lebih jauh kedepan, domain sangatlah penting. Bukan untuk meraih peringkat pertama di search engine, melainkan agar blog mudah dikenal atau di ingat pengunjung. Sehingga bisa meramaikan visitor.

Nah bagi sobat yang berniatan untuk serius di dunia blogging, apalagi sampai terpikirkan untuk memulai berbisnis dari blog atau website. Saya sarankan untuk segera mempertimbangkan mencari nama domain yang bagus untuk blog sobat.

Kenapa ?

Karena sobat akan mendapatkan keuntungan yang besar apabila menggunakan domain sendiri terutama dalam berbisnis online melalui website. Berikut akan saya kupas keuntungan yang didapat apabila sobat berniat berbisnis dengan memanfaatkan website.

1. Mendapatkan Kepercayaan

Dalam memulai berbisnis tentu kepercayaan adalah nomor satu dan tidak bisa di tawar-tawar apalagi bisnis di dunia maya. Berdasarkan dari pengalaman saya pribadi dalam berbisnis jasa ketik online, mula-mula ada beberapa pemesan yang takut bahwa saya adalah penipu dengan menjelama sebagai jasa ketik.

Tapi dengan membuktikan bahwa saya benar-benar dapat dipercaya sebagai jasa ketik online dan saya membuktikannya dengan hasil pengetikan saya, akhirnya pelanggan saya yang tadinya takut kena tipu sampai sekarang menjadi pelanggan yang berlangganan. Tiap kali ada pengetikan yang dia tidak bisa selesaikan sendiri, kemudian lari pada jasa ketik saya.

Nah begitupun dengan kepercayaan dari sebuah alamat blog atau website sobat. Dengan menggunakan domain sendiri maka poin plus akan sobat miliki.

Apa buktinya mas ?

Simpel saja, misal saya akan membuat bisnis jasa ketik online saya dengan melibatkan website sebagai media promosinya. Kemudian saya membuat website dengan alamat seperti berikut,

jketikonline.blogspot.com
jketikonline.id

Apakah sobat akan percaya dengan alamat pertama ?

Saya rasa sobat akan lebih cenderung memilih jasa ketik yang beralamat kedua walaupun alamat pertama muncul di page one pencarian.

Kenapa ?

Karena dari segi persyaratan saja lebih terpercaya menggunakan domain .id yang ketika membelinya saja membutuhkan KTP, NPWP dsb. Berbeda dengan alamat pertama, hanya dengan modal gratisan mungkin saja hanya ingin menipu.

Jadi, terbukti bahwa untuk menjalankan bisnis online, sobat perlu sekali untuk menggunakan domain sendiri agar calon pelanggan memiliki kepercayaan sejak awal melihat alamat website sobat.

2. Memudahkan Promosi

Percayalah bahwa promosi itu penting sekali sob untuk kemajuan bisnis yang hendak dijalankan. Bahkan banyak dari mereka yang memulai berbisnis rela mempromosikannya dengan menggratiskan apa yang akan dibisniskannya.

Contoh nyata, beberapa hari kebelakang telah dibuka pangkas rambut baru di sekitar kos saya. Karena baru saja membuka usahanya, pangkas rambut baru tersebut mempromosikan dengan pangkas rambut gratis selama satu bulan full plus dikasih minuman penyegar dahaga, syaratnya pelanggan mempromosikan di media sosial pribadinya dengan ngetag teman dekat dan akun pangkas rambut tersebut.

Dari cerita diatas jelas dong promosi itu penting sekali untuk memulai berbisnis.

Nah sekarang bagaimana hubungan menggunakan domain sendiri dengan memudahkan promosi ?

Telah saya singgung diawal bahwa penggunaan domain sendiri bisa memperpendek alamat url. Apabila alamat url menjadi pendek maka dengan mudah sobat bisa membuatnya sebagai cendramata seperti stiker, cetak di baju, buat gantungan, cetak di tas kain, dsb.

Dengan melakukan hal tersebut maka website sobat jadi terpromosikan, selain menjadikan pelanggan senang dengan cendramata yang diterima, orang lain yang belum tahupun akan mendapatkan informasi dan mengetahui alamat url website sobat, kemudian mereka akan mencari tahu sendiri dan menemukan bisnis sobat.

3. Menambah Kepercayaan Diri

Percaya diri itu penting loh sob, seberapa hebatnyapun rencana bisnis sobat kalau kemudian tidak ada rasa percaya diri maka rencana bisnis hanyalah bernilai nol besar. Maka dari itu membangun rasa percaya diri harus dilakukan seiring dengan bermulainya bisnis.

Salah satunya dengan memiliki domain sendiri kalau bisnisnya dalam bentuk website.

Kok bisa ?

Jelas bisa, jangankan untuk berbisnis. Dalam ngeblog biasa saja bisa menambah percaya diri untuk selalu update artikel dan share link. Pengalaman saya ketika blog ini mengcustom ke domain my.id misalnya, sangat berbeda sekali kepercayaan diri saya untuk ngeshare link artikel terbaru ke grup-grup sosmed.

Ketika blog ini berdomain sendiri bahkan saya berani menyimpan link website di akun instagram, deskripsi wa, line, twitter, facebook dll. Pokoknya kepercayaan diri sangat kuat sekali.

Lalu kenapa saya malah kembali ke blogspot ?

Alasan utamanya adalah karena ada masalah dengan domain yang saya beli, karena memang domain tersebut hanya saya beli dengan harga Rp 10.000 saja mungkin karena terdapat masalahlah kemudian domain itu dijual dengan harga murah.

Namun tidak semua domain murah juga jelek, sobat bisa membeli domain murah terpercaya di Rumahweb contohnya, salah satu penyedia Hosting Indonesia yang saya dapatkan saran dari Mas Sugeng dan memang murah juga banyak promonya, hingga berbagi domain gratis melalui blog kompetisi.

Jujur sebenarnya saya sangat menginginkan sekali membeli domain sendiri lagi, namun di dunia blogging ini saya sedikit ragu-ragu karena sedang kuliah, jadi saya ragu juga untuk membeli domain dengan alasan takut blog tidak terurus, sedangkan domain harus tetap dibayar. Untuk mengetahui lebih lengkap bisa sobat baca alasan mas tom kembali ke subdomain blogspot.

Kesimpulan

Setelah panjang lebar saya menyampaikan keuntungan besar yang didapatkan sobat dalam berbisnis melalui website dengan menggunakan domain sendiri. Dapat disimpulkan bahwa domain sangatlah penting kalau sobat benar-benar berniat bulat untuk mengelola blog dan bisnis online melalui website. Karena domain ini hubungannya dengan kuntungan yang berjangka panjang.

Sekian mungkin yang dapat saya ulas dalam postingan kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat untuk sobat semua.

Terimakasih atas kunjungannya.
Tomi Nurhidayat

Data Science dan Machine Learning Enthusiast | SEO Enthusiast.

Previous Post Next Post