Soal Matematika Kelas 6 dan Pembahasannya

Contoh latihan soal matematika kelas 6 semester 1 dan semester 2 lengkap dengan jawaban pembahasan. Dalam artikel ini dibahas tuntas cara mengerjakan soal matematika dengan mudah untuk persiapan UASBN SD.

Dengan adanya pembahasan soal matematika kelas 6 ini saya berharap agar sobat semuanya dapat terbantu dalam belajar. Soal-soal yang saya bahas ini bersumber dari bank soal latihan matematika website Kemendikbud.

Sebelum memulai latihan soal, mungkin sobat juga tertarik dengan Tips Cara Pintar Matematika dari saya. Silahkan baca artikelnya pada link tersebut.

Soal Matematika Kelas 6

Soal No 1

Hitunglah hasil dari $-12 \times (18+(-27))$ adalah ...

A. $216$

B. $-108$

C. $-216$

D. $108$

Cara untuk menjawab soal ini yaitu mendahulukan operasi matematika yang berada dalam tanda kurung kemudian mengkalikan dengan $-12$

$-12 \times (18+(-27))$

$-12 \times (-9) = 108$

Ingat !! negatif $\times$ negatif $=$ positif

Jadi, jawaban yang benar D


Soal No 2

Hasil dari $(2+7)^2 - 8^2$ adalah ...

A. $-17$

B. $-11$

C. $17$

D. $11$

Untuk menjawab soal ini lakukan operasi matematika terlebih dahulu pada bagian yang dikurung, selanjutnya lakukan operasi pangkat terlebih dahulu sebelum pengurangan.

$(2+7)^2 - 8^2$

$(9)^2 - 8^2 = (9 \times 9) - (8 \times 8)$

$81 - 64 = 17$

Jadi jawaban yang tepat C


Soal No 3

Hasil dari $40 \times 12 : (153 - 113)$ adalah ...

A. $10$

B. $11$

C. $12$

D. $13$

Hitung terlebih dahulu operasi yang berada dalam tanda kurung, kemudian lakukan perkalian dan pembagian

$40 \times 12 : (153 - 113)$

$40 \times 12 : (40)$

Hasil di atas dapat ditulis dalam bentuk pecahan

$\frac{40 \times 12}{40} = 12$

Jawaban yang tepat yaitu C


Soal No 4

Hasil dari $464 - 96 : 16 + 176$ adalah ...

A. $199$

B. $299$

C. $624$

D. $634$

Untuk menyelesaikan soal ini, terlebih dahulu lakukan operasi pembagian

$464 - (96 : 16) + 176$

$464 - (6) + 176 = 634$

Jadi jawaban yang tepat D


Soal No 5

Hasil dari $298 + (-18) \times 47$ adalah ...

A. $13160$

B. $1144$

C. $-548$

D. $-846$

Selesaikan terlebih dahulu operasi perkalian

$298 + [(-18) \times 47] = 298 + (-846) = -548$

Jadi jawaban yang tepat C


Soal No 6

Jika $660 + 225 : (-15) = n$, maka $n$ adalah ...

A. $645$

B. $-675$

C. $-59$

D. $675$

Soal ini menanyakan hasil operasi penjumlahan dan pembagian, maka yang dikerjakan terlebih dahulu yaitu pembagian.

$n = 660 + [225 : (-15)]$

$n = 660 + (-15) = 645$

Jadi jawaban yang tepat A


Soal No 7

Akar pangkat tiga dari bilangan $729$ adalah ...

A. $9$

B. $5$

C. $10$

D. $6$

Akar pangkat tiga berarti suatu bilangan dipangkatkan 3 mendapatkan nilai 729. Oleh karena itu, mari kita lakukan pilihan jawaban dengan mempangkatkan 3

Pilian A

    $9^3 = 9 \times 9 \times 9 = 729$

Karena sudah sesuai, maka jawaban yang tepat adalah A


Soal No 8

Perbandingan banyak buah semangka dengan banyak buah melon adalah $5:3$. Jika jumlah kedua buah adalah 72, maka berapa selisih antara buah semangka dan buah melon ?

A. $21$ buah

B. $45$ buah

C. $27$ buah

D. $18$ buah

Untuk menyelesaikan soal ini, lebih mudah dengan melakukan perbandingan dalam bentuk pecahan.

Misal :

Semangka = A

Melon = B

Semangka : Melon = 5 : 3, atau dapat kita ubah menjadi

$\frac{A}{B} = \frac{5}{3}$

$A = \frac{5B}{3}$

Selanjutnya dari soal diketahui jumlah semangka dan melon adalah 72. Sehingga dapat kita tuliskan

$A + B = 72$

Substitusikan $A$ dari perbandingan ke penjumlahan

$\frac{5B}{3} + B = 72$

$\frac{5B + 3B}{3} = 72$

$8B = 72 \times 3$

$B = \frac{72 \times 3}{8} = 9 \times 3 = 27$

Jadi jawaban yang tepat adalah C


Soal No 9

$216 : 6 + 7 \times 8 =$ ...

A. $320$

B. $92$

C. $62$

D. $104$

Dalam menyelesaikan soal ini terlebih dahulu hitung operasi perkalian dan pembagian

$(216 : 6) + (7 \times 8) = 36 + 56 = 92$

Jadi jawaban yang tepat adalah B


Soal No 10

$25 + (-20) : 4 =$ ...

A. $20$

B. $-20$

C. $\frac{5}{4}$

D. $-\frac{5}{4}$

Terlebih dahulu dilakukan perhitungan terhadap operasi pembagian

$25 + [(-20) : 4] = 25 + (-5) = 20$

Jadi jawaban yang tepat adalah A


Soal No 11

Banyak siswa perempuan di SD Harapan Bangsa adalah $1 \frac{1}{3}$ dari banyak siswa laki-laki. Jika jumlah seluruh siswa 252 anak, maka banyak siswa laki-laki adalah ...

A. $144$ orang

B. $189$ orang

C. $108$ orang

D. $336$ orang

Misal :

Siswa perempuan = P

Siswa laki-laki = L

Dari soal kita mengetahui

$P = 1 \frac{1}{3} L = \frac{3+1}{3} L = \frac{4}{3}L$

Selanjutnya diketahui juga jumlah seluruh siswa laki-laki dan perempuan adalah 252

$P + L = 252$

$\frac{4}{3}L + L = 252$

$\frac{4 + 3}{3}L = 252$

$\frac{7}{3}L = 252$

$L = \frac{3 \times 252}{7} = 108$

Jadi jawaban yang tepat adalah C


Soal No 12

$(-64) : 8 + 16 - 4 =$ ...

A. $4$

B. $3$

C. $2$

D. $1$

Dikerjakan terlebih dahulu operasi pembagian

$[(-64) : 8] + 16 - 4 = -8 + 16 - 4 = 4$

Jadi jawaban yang tepat adalah A


Soal No 13

$12 + (-20) - (2 \times 3) =$ ...

A. $-20$

B. $-14$

C. $-16$

D. $-18$

Terlebih dahulu dikerjakan bagian operasi perkalian yang diberi tanda kurung

$12 + (-20) - (2 \times 3) = 12 + (-20) - 6 = -14$

Jadi jawaban yang tepat adalah B


Soal No 14

$15 \times 3 + (-12) -3 =$ ...

A. $10$

B. $20$

C. $30$

D. $40$

Dahulukan mengerjakan operasi perkalian

$[15 \times 3] + (-12) -3 = 45 + (-15) = 30$

Jadi jawaban yang tepat yaitu C


Soal No 15

Perbandingan uang Tini dan Tono adalah $5:3$. Apabila selisih uang mereka $Rp12.000,00$, maka uang Tono adalah ...

A. $Rp 6.000,00$

B. $Rp 18.000,00$

C. $Rp 20.000,00$

D. $Rp 48.000,00$

Bentuk perbandingan akan lebih mudah diselesaikan dalam bentuk pecahan

Misal :

Tini = A

Tono = B

$A : B = 5 : 3$

$\frac{A}{B} = \frac{5}{3}$

$A = \frac{5B}{3}$

Dari soal diketahui selisih uang Tini dan Tono $Rp 12.000,00$. Selisih dapat diartikan sebagai pengurangan

$A - B = 12.000$

$\frac{5B}{3} - B = 12.000$

$\frac{5B -3B}{3} = 12.000$

$\frac{2B}{3} = 12.000$

$2B = 3 \times 12.000$

$B = \frac{36.000}{2} = 18.000$

Jadi jawaban yang tepat adalah B


Soal No 16

$5 + 10 - (-5) \times 2 =$ ...

A. $20$

B. $25$

C. $30$

D. $35$

Terlebih dahulu lakukan operasi perkalian

$5 + 10 - [(-5) \times 2] = 5 + 10 - (-10) = 25$

Jadi jawaban yang tepat adalah B


Soal No 17

$205 - 50 : 10 + (-150) =$ ...

A. $20$

B. $30$

C. $40$

D. $50$

Lakukan terlebih dahulu operasi pembagian

$205 - [50 : 10] + (-150)$

$205 - 5 + (-150) = 50$

Jadi jawaban yang tepat adalah D


Soal No 18

$6 \times 2 - 4 \times 5 =$ ...

A. $-7$

B. $-8$

C. $-9$

D. $-0$

Terlebih dahulu lakukan operasi pada masing-masing perkalian

$(6 \times 2) - (4 \times 5) = 12 - 20 = -8$

Jadi jawaban yang tepat adalah B


Soal No 19

$8:2 + 7 \times 2 =$ ...

A. $18$

B. $20$

C. $21$

D. $22$

Terlebih dahulu dihitung untuk operasi matematika perkalian dan pembagian

$(8:2) + (7 \times 2) = 4 + 14 = 18$

Jadai jawaban yang tepat adalah A


Soal No 20

$2 + (-3) \times 8 =$ ...

A. $-26$

B. $-24$

C. $-22$

D. $-20$

Terlebih dahulu hitung untuk operasi matematika perkalian

$2 + [(-3) \times 8] = 2 + (-24) = -22$

Jadi jawaban yang tepat adalah C


Soal 21

Tentukan FPB dan KPK dari bilangan 36 dan 90 !

A. FPB $9$ KPK $90$

B. FPB $18$ KPK $180$

C. FPB $36$ KPK $360$

D. FPB $180$ KPK $1800$

FPB adalah Faktor Persekutuan Terbesar sedangkan KPK adalah Kelipatan Persekutuan Terkecil, bisa kita hitung dengan metode pembagian dengan bilangan prima. Perhatikan cara melakukan pembagiannya pada gambar di bawah ini

Soal Matematika Kelas 6 Menentukan FPB dan KPK

Dari gambar di atas, bilangan 36 dan 90 harus bisa dibagi oleh bilangan prima yang sama. Begitupun hasil pembagian keduanya harus bisa dibagi oleh bilangan yang sama juga.

Perhatikan bilangan 2 dan 5 untuk hasil pembagian 36 dan 90 terakhir sudah tidak bisa dibagi oleh bilangan bilangan yang sama lagi. Artinya sudah cukup tidak perlu kita bagi lagi.

FPB dapat kita hitung dengan mengkalikan bilangan-bilangan pembagi yaitu $2, 3, 3$

$FPB = 2 \times 3 \times 3 = 18$

Sedangkan KPK dapat kita hitung dengan mengkalikan bilangan-bilangan pembagi dan hasil bagi akhir, yaitu $2, 3, 3, 2, 5$

$KPK = 2 \times 3 \times 3 \times 2 \times 5 = 180$

Jadi jawaban yang tepat adalah B


Soal No 22

Kebun pak Budi berbentuk persegi panjang dengan panjang 15 meter dan lebar 9 meter. Berapakah keliling dan luas kebun yang dimiliki pak Budi ?

A. Keliling $48$ $m$ Luas $67.5$ $m^2$

B. Keliling $48$ $m$ Luas $135$ $m^2$

C. Keliling $24$ $m$ Luas $67.5$ $m^2$

D. Keliling $24$ $m$ Luas $135$ $m^2$

$p = 15$ meter

$l = 9$ meter

Keliling persegi panjang berarti jumlah semua panjang dan lebarnya. Ciri-ciri bangun datar persegi panjang adalah memiliki 2 buah panjang dan 2 buah lebar

$K = (2 \times p) + (2 \times l)$

$K = (2 \times 15) + (2 \times 9) = 30 + 18 = 48$ $m$

Luas persegi panjang dapat kita hitung dengan rumus panjang kali lebar

$L = p \times l = 15 \times 9 = 135$ $m^2$

Jadi jawaban yang paling tepat adalah B


Soal No 23

Toni memiliki wadah air berbentuk balok dengan ukuran panjang 1 m, lebar 50 cm dan tinggi 20 cm. Berapa liter air yang terdapat pada wadah air Toni ?

A. $1000$ liter

B. $100$ liter

C. $10$ liter

D. $5$ liter

Liter adalah satuan untuk volume, konversinya adalah sebagai berikut

$1$ $liter$ = $1$ $dm^3$

$p = 1$ $m$ $=10$ $dm$

$l = 50$ $cm$ $=5$ $dm$

$t = 20$ $cm$ $=2$ $dm$

Dari soal diketahui bentuk wadah adalah balok. Jadi mari kita hitung volume balok dengan rumus berikut

$V = p \times l \times t$

$V = 10 \times 5 \times 2 = 100$ $dm^3$

$V = 100$ liter

Jadi jawaban yang tepat adalah B


Soal No 24

Sebuah gayung berbentuk tabung dengan diameter 14 cm dan tinggi 8 cm berisi air penuh, seorang anak menumpahkan air pada gayung tersebut ke sebuah cangkir yang berbentuk tabung juga dengan diameter 3.5 cm dan tinggi 6 cm. Cangkir terisi penuh, dan gayung sudah tidak ada airnya. Berapakah air yang tumpah ?

A. $1183.18$ $cm^3$

B. $1173.18$ $cm^3$

C. $1193.18$ $cm^3$

D. $1197.18$ $cm^3$

Air yang tumpah akibat dari volume cangkir tidak dapat menampung air dari gayung. Artinya air yang tumpah bisa dihitung dengan mengurangkan volume gayung dengan volume cangkir.

$V_{tumpah} = V_{gayung} - V_{cangkir}$

Misal :

Diameter gayung $= D_g = 14$ $cm$

Jari-jari gayung $= r_g = \frac{14}{2} = 7$ $cm$

Tinggi gayung $= t_g = 8$ $cm$

Diameter cangkir $= D_c = 3.5$ $cm$

Jari-jari cangkir $= r_c = \frac{3.5}{2} = 1.75$ $cm$

Tinggi cangkir $= t_c = 6$ $cm$

Kita gunakan $\pi = 3.14$

$V_{tumpah} = V_{g} - V_{c}$

Ingat rumus volume tabung !!

$V = \pi r^2 t$

$V_{tumpah} = (\pi r_g^2 t_g) - (\pi r_c^2 t_c)$

$V_{tumpah} = (3.14 \times 7^2 \times 8) - (3.14 \times (1.75)^2 \times 6)$

$V_{tumpah} = (1230.88) - (57.7) = 1173.18$ $cm^3$

Jadi jawaban yang tepat adalah B


Soal No 25

Perhatikan gambar di bawah ini !

Soal Matematika Kelas 6 Garis Bilangan

Berada di koordinat berapakah titik A ?

A. $(5,-4)$

B. $(-3,5)$

C. $(5,5)$

D. $(-3,-4)$

Titik koordinat x, y ditulis sebagai $(x,y)$, dengan x adalah bilangan pada sumbu x dan y adalah bilangan pada sumbu y

Dari gambar di soal kita bisa mengetahui masing-masing koordinat titik sebagai berikut

Koordinat titik A $(5,5)$

Koordinat titik B $(5,-4)$

Koordinat titik C $(-3,-4)$

Koordinat titik D $(-3,5)$

Jadi jawaban yang tepat untuk koordinat titik A terdapat di pilihan C


Penutup

Demikian latihan soal matematika kelas 6 lengkap dengan jawaban pembahasan yang dapat saya tuliskan pada kesempatan ini. Semoga bisa bermanfaat untuk sobat yang sedang belajar matematika.

Silahkan bagikan penjelasan pada artikel ini kepada teman-teman sobat yang menginginkan belajar matematika untuk bahan belajar menghadapi ujian sekolah atau ulangan harian.

Terima kasih atas kunjungannya.

Tomi Nurhidayat

Data Science dan Machine Learning Enthusiast | SEO Enthusiast.

Previous Post Next Post