Cara Mudah Mengaktifkan Fitur Dark Mode WhatsApp Android

Cara Mudah Mengaktifkan Fitur Dark Mode WhatsApp Android

Hallo sobat semua kembali lagi dengan saya di Blog Mas Tom. Artikel ini membahas mengenai cara mengaktifkan dark mode aplikasi whatsapp. Karena whatsapp telah resmi mengumumkan fitur dark modenya.

Fitur dark mode disebut sebut bisa menghemat daya dan tidak membuat mata lelah. Saya sendiri merasakan bahwa memang mata menjadi tidak begitu bekerja keras ketika melihat HP.

Adapun aplikasi-aplikasi yang telah resmi menggunakan dark mode yang saya tau adalah facebook lite, line, whatsapp, instagram dan bahkan juga windows 10 sebagai sistem operasi pc.

Jika sobat tertarik menggunakan fitur mode gelap di sosial media facebook, sobat bisa lihat artikel saya tentang cara mengaktifkan dark mode facebook.

Lebih dari itu jika sobat pengguna laptop atau pc dan menginginkan tema laptopnya menjadi dark mode bisa lihat artikel lain tentang mengganti tema ke dark mode windows 10.

Kembali lagi ke topik, untuk bisa mengubah tampilan whatsapp menjadi mode gelap maka sobat perlu mengupdate terlebih dahulu aplikasi whatsapp di smartphone dan pastikan menggunakan update aplikasi terbaru yaitu versi beta 2.20.53 atau di atasnya.

Saya rasa fitur dark mode whatsapp ini akan berlaku untuk semua sistem operasi baik itu pengguna android maupun ios. Berikut langkah mudah yang saya buat secara step by step untuk mengaktifkan dark mode whatsapp,
  1. Pastikan sobat sudah mendownload dan menginstal whatsapp terbaru
  2. Masuk ke aplikasi whatsapp
  3. Pilih tombol titik tiga di kanan atas yang bersebelahan dengan icon pencarian
  4. Pilih menu settings/setelan
  5. Di menu setelan silahkan pilih submenu Chat
  6. Di bagian Tampilan sobat akan menemukan Tema dan Wallpaper, silahkan pilih Tema
  7. Akan ada 2 pilihan tema yaitu Terang dan Gelap, untuk mengaktifkan dark mode silahkan pilih Gelap dan tekan tombol OKE
Maka tidak lebih dari 10 detik tampilan WhatsApp sobat akan berubah menjadi full gelap baik di bagian chat, status, panggilan dan menu lainnya. Namun ketika sobat melakukan percakapan chat maka pesan yang sobat kirim akan berwarna hijau sedangkan pesan yang diterima tetap gelap.

Selain itu jika wallpaper yang sobat gunakan masih default maka tampilannya akan sama dengan tampilan default saat mode terang hanya saja warnanya menjadi gelap.

Jika sobat hendak merubah menjadi gelap bisa sobat ubah ke solid color warna hitam silahkan baca artikel saya tentang mengganti wallpaper whatsapp.

Penutup
Itulah sedikit tutorial mengenai cara mudah merubah tampilan whatsapp dengan fitur dark mode yang bisa saya tuliskan pada kesempatan ini. Semoga bisa bermanfaat untuk sobat semuanya.

Silahkan bagikan artikel ini ke teman atau saudara sobat dengan tombol share dibawah jika sobat ingin mereka juga nyaman menggunakan fitur dark mode di aplikasi whatsapp mereka.

Terimakasih atas kunjungannya
Tomi Nurhidayat

Data Science dan Machine Learning Enthusiast | SEO Enthusiast.

Previous Post Next Post