Cara Membuat Password Login Laptop Dengan Windows 10

Hallo sobat semua pengunjung Blog Mas Tom, setelah beberapa waktu yang lalu saya memutuskan untuk upgrade laptop ke windows 10 padahal sebelumnya saya telah merasa cocok menggunakan windows 7.

Tapi karena microsoft memutuskan untuk tidak lagi membuat sistem operasi diatas windows 10 melainkan hanya mengembangkan saja, akhirnya saya tertarik untuk beralih ke windows 10.

Perubahan ini tentunya membuat saya beradaptasi lagi. Tidak terkecuali dengan pembuatan password login, yang sebelumnya juga ketika di windows 7 untuk memulai bekerja dengan laptop harus memasukkan kata sandi agar tampilan desktop muncul.

Kenapa harus membuat password ?

Bagi sobat yang menggunakan laptop atau pc hanya sekedar untuk maen games mungkin membuat password tidak akan terlalu penting. Namun saya pribadi karena isi laptop terdapat dokumen-dokumen penting yang saya tidak mau orang lain mengetahuinya.

Maka membuat password untuk login ke laptop sangat di perlukan. Begitu juga bagi sobat, saya sangat menyarankan untuk membuat kata sandi jika isi komputer sobat terdapat dokumen-dokumen pribadi.

Tapi ada yang perlu sobat catat dalam membuat password, yaitu jangan menggunakan password yang terlampau sulit sehingga sulit diingat dan jangan pula menggunakan password yang terlalu mudah.

Sebenarnya menggunakan password yang terlampau sulit tidak masalah asalkan bisa diingat. Karena jika lupa dengan password tersebut akan menimbulkan masalah tidak bisa dibuka, pada akhirnya harus melakukan instal ulang.

Sebaliknya penggunaan password yang terlalu mudah juga tidaklah masalah, namun dikhawatirkan password bisa diketahui orang lain saat kita login. Dengan begitu pembuatan password menjadi sia-sia karena fungsinya sudah tidak sesuai lagi.

Lihat juga : Cara Membuat Extensions Momentum

Itulah pendahuluan mengenai password, sekarang silahkan ikuti cara membuat password di windows 10 dengan step by step, berikut langkah-langkahnya

1. Klik icon start windows atau tekan icon windows di keyboard
2. Pilih menu Settings, lihat gambar
Cara Membuat Password Login Laptop Dengan Windows 10

3. Pilih menu Accounts, lihat gambar
Cara Membuat Password Login Laptop Dengan Windows 10

4. Klik menu Sign-in options lalu akan muncul menu disebelah kanan
5. Pilih menu Password kemudian klik Add, lihat gambar
Cara Membuat Password Login Laptop Dengan Windows 10
6. Jika sebelumnya sobat tidak pernah membuat password maka tampilannya akan seperti berikut
Cara Membuat Password Login Laptop Dengan Windows 10

Silahkan sobat buat password dengan mengisi New Password, lalu tulis ulang password di bagian Confirm password, dan isi kolom Password hint dengan kata pengingat agar ketika sobat lupa akan muncul keyword saat sobat salah menginput password login.

Tapi saran saya jangan disamakan password asli dengan password hint karena jika sama maka secara langsung sobat memberi tahu password aslinya.

Jika sudah klik tombol Next lalu akan muncul seperti gambar berikut
Cara Membuat Password Login Laptop Dengan Windows 10

Klik tombol Finish.

Selesai sudah sobat membuat password untuk login ke laptop/pc dengan sistem operasi windows 10. Selanjutnya saat sobat menghidupkan laptop atau pc maka sebelum masuk ke tampilan desktop perlu memasukan password terlebih dahulu.

Baca juga : Cara Upload Foto di Instagram PC

Jika kolom untuk menginput password login tidak muncul sobat bisa melakukan CTRL+Alt+Del untuk memunculkannya.

Penutup
Itulah sedikit artikel pengalaman yang saya alami sendiri dalam membuat password login menggunakan sistem operasi windows 10. Jika sobat hendak mengganti password yang telah dibuat maka langkah-langkahnya sama, hanya saja sobat perlu mengisi password yang sedang digunakan sebelum mengubahnya.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

Terimakasih atas kunjungannya.
Tomi Nurhidayat

Data Science dan Machine Learning Enthusiast | SEO Enthusiast.

Previous Post Next Post